Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kasus Bunuh Diri Tinggi, Amin Dorong Persoalan Kesehatan Mental jadi Prioritas Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 13 November 2023, 13:15 WIB
Kasus Bunuh Diri Tinggi, Amin Dorong Persoalan Kesehatan Mental jadi Prioritas Nasional
Bakal cawapres Koalisi Perubahan Muhaimin Iskandar/Ist
rmol news logo Persoalan kesehatan mental menjadi salah satu fokus dari pasangan bakal capres-cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Pasalnya, angka bunuh diri di Indonesia terus mengalami peningkatan. Mirisnya, fenomena bunuh diri juga marak terjadi di kalangan pelajar akibat sering mendapat perundungan.

"Kesadaran akan kesehatan mental itu sangat penting. Itu bisa dimulai dari orang terdekat, dengan saling menjaga pasangan, sahabat, teman, bahkan keluarga," kata sosok yang akrab disapa Cak Imin itu lewat keterangan tertulisnya, Senin (13/11).

Duet berjuluk Amin ini pun mempunyai program unggulan untuk mengatasi masalah kesehatan mental. Pertama, mendorong edukasi pentingnya kesehatan mental untuk menghapus stigma negatif.

Dimulai dari lingkungan keluarga dan sekolah melalui aktivasi kelompok dukungan sebaya dan penguatan peran konselor di sekolah juga perguruan tinggi.

Kedua, menjaga kesehatan mental masyarakat di antaranya melalui penambahan ruang publik dan fasilitasi berbagai kegiatan masyarakat sebagai tempat mengekpresikan diri dan potensinya.

Ketiga, mendorong hadirnya konselor kesehatan mental (psikolog) di Puskesmas dan menyediakan layanan konseling daring gratis berkolaborasi dengan lembaga dan komunitas yang ada.

Keempat, menyediakan layanan pusat krisis dengan membuka Hotline dan Desk Help 24 jam di semua kota/kabupaten.

"Tumbuhkan rasa solidaritas agar menjadi manusia dan generasi yang bahagia. Mari kita dorong agar masalah ini menjadi salah satu prioritas nasional," pungkasnya.

Mengutip data dari Kepolisian Republik Indonesia, jumlah kasus bunuh diri sepanjang periode Januari-Oktober 2023 mencapai 846 kasus di 10 Provinsi di Indonesia.

Dalam data tersebut, Jawa Tengah menempati peringkat pertama dengan jumlah kasus bunuh diri terbanyak, yaitu mencapai 356 kasus, disusul Jawa Timur dengan 184 kasus, Bali 94 kasus, serta Jawa Barat 60 kasus.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA