Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nasdem: Pemberhentian Ketua MK Peringatan untuk Hakim Konstitusi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 09 November 2023, 20:01 WIB
Nasdem: Pemberhentian Ketua MK Peringatan untuk Hakim Konstitusi
Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem, Aminurokhman/Ist
rmol news logo Pemberhentian Anwar Usman sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi diharapkan bisa memberi efek jera dan pengingat kepada hakim konstitusi lain agar bijak dalam mengambil keputusan.

Hal tersebut disampaikan anggota Komisi II DPR RI Fraksi Nasdem, Aminurokhman merespons putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) yang memutus memberhentikan Anwar Usman sebagai Ketua MK secara tidak hormat karena pelanggaran kode etik berat.

“Amar putusan terkait Ketua MK yang diberhentikan dari jabatannya sudah cukup proporsional," kata Aminurokhman dalam keterangan resminya, Kamis (9/11).

Amin berpesan agar ke depan para Hakim MK dapat memutus suatu perkara dengan lebih cermat. Pasalnya, putusan MK bersifat final dan mengikat, sehingga jika menuai polemik akan berdampak luas.

“Ketika ada ketidakcermatan dalam mengambil keputusan, risikonya banyak korban yang akan merasakan dampak dari keputusan itu,” tegasnya.

Menanggapi putusan pemberhentian Anwar Usman, legislator Nasdem Dapil Jawa Timur II itu memahami, pasti ada dukungan dan penolakan.

“Kalau pihak-pihak yang seperti itu (menolak) melihatnya dari aspek apa dulu. Karena MKMK ini hanya mengadili kasus etiknya, pelanggaran etik,” tukas Amin. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA