Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dokumen 3 Bapaslon Pilpres 2024 Dinyatakan Memenuhi Syarat, Termasuk Gibran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 09 November 2023, 15:59 WIB
Dokumen 3 Bapaslon Pilpres 2024 Dinyatakan Memenuhi Syarat, Termasuk Gibran
Anggota KPU RI, Idham Holik/RMOL
rmol news logo Dokumen 3 bakal pasangan calon (bapaslon) presiden dan wakil presiden sudah dinyatakan memenuhi syarat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Seluruh bapaslon kini hanya menunggu penetapan sebagai peserta Pilpres 2024.

Anggota KPU RI, Idham Holik menjelaskan, pihaknya telah menyelesaikan verifikasi berkas persyaratan 3 bapaslon Pilpres 2024, dan sudah ditetapkan dalam Surat Keputusan KPU pada Rabu kemarin (8/11).

Tiga bapaslon tersebut yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Semua dokumen administrasi pencalonan bacapres dan bacawapres berdasarkan hasil verifikasi administrasi telah dinyatakan memenuhi syarat," ujar Idham kepada wartawan, Kamis (9/11).

Idham menjabarkan, dalam ketentuan di Peraturan KPU (PKPU) 19/2023 yang telah diubah menjadi PKPU 23/2023, dokumen persyaratan bapaslon Pilpres 2024 telah sesuai dengan UU 7/2017 tentang Pemilu dan Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) 90/PUU-XXI/2023.

Khusus ketentuan di putusan MK itu, Idham memastikan syarat batas usia minimum capres-cawapres, yang membolehkan kepala daerah menjadi capres atau cawapres meski belum berusia 40 tahun, juga telah dipenuhi Gibran Rakabuming Raka.

"Apabila dokumen administrasi pencalonan capres-cawapres telah dinyatakan MS, maka tahapan selanjutnya menunggu ditetapkan dalam rapat pleno penetapan pasangan capres-cawapres yang akan dilaksanakan pada 13 November 2023," sambungnya.
 
"Dan sehari kemudian, 14 November 2023, akan dilakukan pengundian nomor urut capres-cawapres," tambah Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU RI itu.

Lebih lanjut Idham menuturkan, tiga pasangan bakal capres-cawapres yang sudah memenuhi syarat itu tinggal menunggu ditetapkan oleh KPU menjadi paslon tetap.

"KPU telah menerbitkan keputusan KPU yang diunggah ke JDIH, jadi saat ini sudah memenuhi syarat seluruh dokumen administrasi pencalonan bacapres-bacawapres, tinggal nunggu ditetapkan," demikian Idham. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA