Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Hadapan Warga Aceh, Firli Bahuri: 1.569 Tersangka Sudah Ditahan KPK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 09 November 2023, 15:54 WIB
Di Hadapan Warga Aceh, Firli Bahuri: 1.569 Tersangka Sudah Ditahan KPK
Ketua KPK Firli Bahuri di hadapan ribuan masyarakat yang hadir dalam pembukaan Road Show Bus KPK dan Road To Hakordia di Balee Meuseraya Aceh (BMA), Banda Aceh/Ist
rmol news logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan penindakan terhadap pelaku korupsi dan telah menahan sebanyak 1.569 orang tersangka. Jumlah tersebut terhitung dari tahun 2003 sampai dengan 2023.

Begitu dikatakan Ketua KPK Firli Bahuri di hadapan ribuan masyarakat yang hadir dalam pembukaan Road Show Bus KPK dan Road To Hakordia di Balee Meuseraya Aceh (BMA), Banda Aceh, Kamis (9/11).

"Ribuan sudah kita tangkap tersangkanya dan angkanya sebanyak 1.569 orang tersangka," kata Firli Bahuri, dikutip Kantor Berita RMOLAceh.

Kata Firli, khusus kurun waktu tahun 2020 hingga 2023 pihaknya telah melakukan penahanan terhadap sebanyak 513 tersangka korupsi.

Dengan rincian, 2020 sebanyak 109 tersangka, 2021 sebanyak 127 tersangka, 2022 sebanyak 149 tersangka dan tahun 2023 sebanyak 128 tersangka.

"Ini belum tutup tahun, mudah-mudahan tidak lagi bertambah," ujarnya.

Menurutnya, dalam penindakan dan penangkapan tersebut, pihaknya telah menyelamatkan uang negara melalui asset recovery sebanyak Rp1,6 triliun selama empat tahun, mulai tahun 2020-2023.

Dia pun mengajak masyarakat untuk memberantas korupsi dan tidak tergoda dengan perilaku buruk tersebut. Menurutnya, perilaku korupsi adalah suatu pengkhianatan terhadap negara.

"Tidak hanya merugikan keuangan negara dan perekonomian negara, korupsi juga telah merampas hak-hak manusia," tegasnya.

Oleh sebab itu, kata Firli, pihaknya gencar melakukan pendidikan antikorupsi kepada masyarakat. Hal itu dilakukan guna menghindari perilaku korupsi yang terus menjamur.

Dalam pembukaan Road Show Bus KPK dan Road To Hakordia turut dihadiri anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh, Bupati dari 23 kabupaten/kota di Aceh, Gubernur Jambi, Gubernur Riau dan para tamu undangan lainnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA