Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jaga Kedaulatan Maritim, Ganjar Ingin Inventarisir Pulau Terluar Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 08 November 2023, 11:28 WIB
Jaga Kedaulatan Maritim, Ganjar Ingin Inventarisir Pulau Terluar Indonesia
Ganjar Pranowo/Net
rmol news logo Kedaulatan maritim adalah hal penting yang harus benar-benar dijaga Indonesia. Salah satunya, adalah kedaulatan terhadap pulau-pulau terluar.

Soal kedaulatan pulau-pulau terluar, calon presiden Ganjar Pranowo menegaskan komitmennya dengan rencana untuk memberikan nama dari kosa kata Indonesia kepada pulau-pulau terluar.

"Soal kedaulatan maritim, penting menurut kami adalah penggunaan Bahasa Indonesia untuk nama pulau-pulau terluar. Melakukan inventarisasi pulau-pulau kecil rasanya penting," kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Rabu (8/11).

Ganjar menyebutkan, Indonesia punya pengalaman harus melepas Sipadan dan Ligitan yang terletak di timur laut Pulau Kalimantan, saat terjadi perdebatan perbatasan dengan Malaysia.

"Kita pernah punya pengalaman Pulau Sipadan dan Ligitan. Kalau kita bicara dari sisi sejarahnya, wah perdebatannya panjang sekali," katanya.

Selain itu, Ganjar juga menekankan perlunya meningkatkan anggaran pertahanan untuk mengamankan wilayah Indonesia. Peningkatan anggaran pertahanan ini juga terjadi di negara di Asia.

Menurutnya, pentingnya kerjasama dan perjanjian internasional untuk mengukuhkan posisi Indonesia dalam tata kelola wilayah maritimnya.

"Negara yang besar ini butuh perhatian besar pula, maka kalau kita ingin mengamankan kondisi wilayah maritim kita, itu salah satunya. Lalu Menggandakan anggaran untuk pertahanan laut," demikian Ganjar.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA