Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko PMK: IKN Harus Pahami Kondisi Sosial Masyarakat Lokal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 07 November 2023, 17:21 WIB
Menko PMK: IKN Harus Pahami Kondisi Sosial Masyarakat Lokal
Menko PMK, Muhadjir Effendy bersama sejumlah menteri mendampingi kunjungan Presiden Joko Widodo di Ibukota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur/Ist
rmol news logo Pembangunan Ibukota Negara (IKN) Nusantara yang saat ini masih berjalan tidak boleh meninggalkan identitas dan budaya lokal masyarakat Kalimantan Timur (Kaltim).

"IKN juga harus memperhatikan ekologi, ekonomi, sosial dan budaya, serta memahami keragaman dan kondisi sosial masyarakat lokal," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy dalam keterangan tertulisnya, Selasa (7/11).

Hal tersebut disampaikan Muhadjir sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo agar pembangunan IKN tetap mempertahankan ciri khas masyarakat Kaltim, khususnya Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kemenko PMK pun telah berkolaborasi dengan berbagai Kementerian/Lembaga dan Pemkab/Pemkot se-Provinsi Kaltim dalam rangka merawat budaya nusantara.

Yang terbaru, Kemenko PMK menginisiasi Festival Harmoni Budaya Nusantara (FHBN) yang sudah dimulai sejak Juli 2023 hingga 3 November 2023. FHBN tersebut digelar sebagai wujud pengembangan identitas budaya di wilayah IKN dan kawasan penyangganya.

"Kami berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan sehingga pemajuan dan pelestarian kebudayaan dapat tercapai, sekaligus wadah bagi pelaku seni dan budaya mengekspresikan keahliannya," tutup Menko PMK. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA