Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dua Pesawat Hercules Standby di Halim Perdanakusuma Angkut Bantuan untuk Palestina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 04 November 2023, 08:22 WIB
Dua Pesawat Hercules <i>Standby</i> di Halim Perdanakusuma Angkut Bantuan untuk Palestina
Dua pesawat Hercules C-130 pengangkut bantuan kemanusiaan untuk Palestina sudah bersiap dari Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur/RMOL
rmol news logo Pemerintah Indonesia akan mengirim bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina, Sabtu pagi (4/11). Bantuan tersebut akan diterbangkan dari Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL, sudah ada dua unit pesawat milik TNI Angkatan Udara, yakni Hercules C-130 dengan tail number 1327 Skadron 31 Lanud Halim Perdanakusuma, dan tail number 1328 Skadron 32 Lanud Abdul Rachman Saleh yang siap membawa logistik ke Palestina melalui Mesir.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal mengungkapkan, bantuan kemanusiaan tersebut ada sebanyak 30 ton dan akan dilepas langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Selain Jokowi, akan hadir Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan beberapa pejabat lainnya.

"Bantuan kemanusian akan ini akan mendarat di Bandara El Arish Mesir. Setelah itu masuk melalui jalur darat menggunakan truk besar hingga sampai di Gaza, Palestina," ungkap Lalu dalam keterangan tertulis yang diperoleh Kantor Berita Politik RMOL.

Lebih lanjut, Lalu memastikan pengiriman ke Gaza yang melalui jalur darat itu disalurkan melalui badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA), dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC).

"Keduanya merupakan badan kemanusiaan yang beroperasi di Gaza," demikian Lalu menambahkan. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA