Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belajar dari Sepakbola, Ganjar: Harus Ada Wasit yang Netral

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Sabtu, 04 November 2023, 01:20 WIB
Belajar dari Sepakbola, Ganjar: Harus Ada Wasit yang Netral
Bacapres Ganjar Pranowo di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Jumat malam (3/11)/Ist
rmol news logo Bakal Calon Presiden (Capres) 2024, Ganjar Pranowo mengungkapkan bahwa sebuah permainan sepak bola yang apik merupakan hasil kerja keras dan latihan yang rutin dari sebuah tim.

Sebab, Ganjar menilai latihan para pemain sepak bola tidak ada yang instan. Semuanya, lanjut dia, ada berproses dengan latihan yang sangat luar biasa.

“Apalagi, di dalam tim juga diajarkan team work atau kerja sama tim serta perangkat pertandingan yang mendukung seperti wasit yang berlaku adil,” tegas Ganjar usai menyaksikan laga Final Turnamen Sepak Bola Liga Kampung Soekarno Cup U-17 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Jumat malam (3/11).

"Pelatihannya bagus di dalamnya ada team work, di dalamnya ada leadership dan tentu saja ini pertarungan yang butuh wasit. Maka wasit pun harus netral," tambahnya.

Ganjar pun mengungkapkan, apa yang disampaikannya di awal tadi merupakan gambarannya soal sepak bola kelas kampung yang terus berproses.

"Semuanya akan membawa kualitas permainan masing-masing dan harus baik," imbuh dia.

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini pun berharap, dari ajang Liga Kampung Soekarno Cup U-17 akan muncul bibit-bibit unggul untuk prestasi.

Ganjar pun mengibaratkan, bagaimana para pemain muda turnamen Liga Kampung Soekarno Cup U-17 ini layaknya para kepala daerah yang terus berproses untuk kelak menjadi juara.

"Dan ternyata inilah kawan-kawan bupati, walikota yang dulu sudah memulai itu, dan kita harapkan proses yang kita lakukan itu akan menghasilkan atlet yang hebat, yang sportif, yang ikut aturan dan kelak mereka menjadi juara," jelasnya.

"Itu yang hari ini mesti kita apresiasi dari pemainnya, wasitnya, pelatihnya fair play. Sepakbola mesti fair play, kalau nggak pasti kita kena hukuman," pungkas dia.

Sementara, hadir menyaksikan laga Final Turnamen Sepak Bola Liga Kampung Soekarno Cup U-17 diantaranya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua TPN Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid dan Wakil TPN Gatot Eddy Pramono.

Lalu, Wakil Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Presiden (TKRRP), Adian Napitupulu, Ketua DPP PDIP Komarudin Watubun dan Eriko Sotarduga serta Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP) Hendrar Prihadi atau Hendi. Kemudian, selaku Ketua Panitia Liga Kampung Soekarno Cup U-17 yakni Bupati Trenggalek yang juga kader muda PDIP Mochamad Nur Arifin atau Gus Ipin.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA