Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

9.917 Caleg DPR dan 668 Caleg DPD Ditetapkan KPU RI Masuk DCT

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 03 November 2023, 14:43 WIB
9.917 Caleg DPR dan 668 Caleg DPD Ditetapkan KPU RI Masuk DCT
Jumpa pers pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI terkait penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat siang (3/11)/RMOL
rmol news logo Jumlah hingga nama-nama calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dan DPD RI yang berhasil lolos dan masuk daftar calon tetap (DCT), resmi ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"Kita tetapkan (caleg DPR RI yang resmi) masuk DCT, dan akan kita umumkan adalah 9.917 (nama calon)," ujar Ketua KPU RI, Hasyim Asyari bersama jajaran pimpinan KPU RI, dalam jumpa pers di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat siang (3/11).

Anggota KPU RI dua periode itu menerangkan, jumlah caleg DPR RI yang terdaftar dalam DCT yang ditetapkan hari ini tersebar di 84 daerah pemilihan (dapil), dan merupakan hasil pencermatan 9.918 nama calon.

"Tetapi, ada yang tidak memenuhi syarat, satu orang ganda dicalonkan," paparnya.

Sementara, jumlah caleg DPD RI yang memenuhi syarat masuk ke dalam DCT mencapai ratusan orang, dan tersebar di 38 provinsi sebagai dapilnya.

"Jumlahnya adalah 668," sambungnya memaparkan.

Lebih lanjut, Hasyim mengatakan, DCT khusus untuk pemilihan anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, juga diumumkan hari ini oleh pimpinan KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten/Kota.

"Untuk DCT DPRD Provinsi itu yang melaksanakan penetapan KPU Provinsi, untuk DPRD Kabupaten/Kota jadi kewenangan teman-teman KPU Kabupaten/Kota," demikian Hasyim.

Berdasarkan Lampiran I Peraturan KPU (PKPU) 10/2023 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, penyusunan DCT Pileg 2024 dilangsungkan sejak sebulan lalu atau tepatnya pada 4 Oktober 2023.

Dalam dokumen tersebut dijadwalkan, penyusunan DCT Pileg hanya berlangsung selama sebulan, setelah dilakukan penyusunan daftar calon sementara (DCS) Pileg 2024 pada 6 Agustus 2023 hingga 23 September 2023.

Setelah 5 bulan, dihitung saat pertama tahapan pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dilakukan KPU pada 1 Mei 2023, tahapan akhirnya akan berlangsung hari ini yaitu penetapan DCT.

Besok, KPU RI akan mengumumkan kepada publik nama-nama caleg dari 24 partai politik peserta Pemilu Serentak 2024, yaitu 18 parpol tingkat nasional dan 6 parpol lokal Aceh.

Adapun pada 18 Agustus 2023 lalu, KPU RI telah mengumumkan jumlah bacaleg yang memenuhi syarat terdaftar dalam daftar calon sementara (DCS) Pileg 2024, yakni sebanyak 9.919 politisi yang tersebar di 84 dapil.

Sementara, pada saat DCS DPD diumumkan pada 18 Agustus 2023, jumlah bacalegnya sebanyak 674 politisi, dan tersebar di 38 dapil provinsi. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA