Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei Alvara: Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran Melaju ke Putaran Kedua Pilpres 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 24 Oktober 2023, 21:29 WIB
Survei Alvara: Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran Melaju ke Putaran Kedua Pilpres 2024
Ilustrasi/Net
rmol news logo Tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, potensial berlaga di Pilpres 2024. Mereka adalah Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Jika tiga pasangan calon itu berlaga, Lembaga Alvara Research Center memprediksi laga Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran.

Dalam survei yang dilakukan pada 1-6 Oktober 2023, Alvara mencatatkan, elektabilitas pada putaran pertama Ganjar-Mahfud unggul di antara dua pasangan calon lainnya.

"Ganjar-Mahfud MD mendapat suara 36,5 persen, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 30,1 persen, sementara Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 19,4 persen," ujar peneliti Alvara Lilik Purwandi, dalam keterangan tertulis, Selasa (24/10).

Sementara, kata Lilik, masih ada responden yang belum memutuskan pilihan 13,9 persen.

Lanjutnya, apabila mengacu pada elektabilitas di atas, maka Pilpres 2024 akan masuk putaran kedua, dengan pasangan Anies-Cak Imin diprediksi akan tereliminasi.

“Semua pasangan masih memiliki peluang untuk meningkatkan elektabilitasnya, namun pasangan Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran diprediksi akan lanjut berkontestasi pada putaran kedua," tandasnya.

Survei dari Alvara ini menggunakan metode multistage random sampling dengan wawancara tatap muka melibatkan 1.517 responden berusia 17 tahun ke atas.

Ditetapkan margin of error sebesar 2,52 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA