Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dudung Abdurachman Diprediksi Kepala BIN, Agus Subiyanto KSAD

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Selasa, 24 Oktober 2023, 14:31 WIB
Dudung Abdurachman Diprediksi Kepala BIN, Agus Subiyanto KSAD
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman/Ist
rmol news logo Jenderal TNI Dudung Abdurachman diperkirakan menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) dan Letnan Jenderal Agus Subiyanto akan menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Pelantikan diprediksi berlangsung dalam beberapa hari ini.

Demikian pandangan analis politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting melalui keterangan pers yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (24/10).

“Dinamika politik yang sangat tinggi jelang pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024, memaksa Presiden Joko Widodo untuk melakukan pergantian elite militer,” kata Ginting.

Menurut Ginting, Presiden Jokowi tidak bisa memperpanjang usia pensiun Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, karena masih terbentur Undang Undang TNI yang mensyaratkan usia pensiun maksimal perwira 58 tahun. Kedua perwira tinggi bintang empat itu akan sama-sama pensiun terhitung pada 1 Desember 2023 ini.

Untuk itu, lanjut Ginting, Presiden Jokowi akan terlebih dahulu melakukan pergantian KSAD dari Jenderal Dudung Adurachman kepada penggantinya dalam beberapa hari ini. Ginting memprediksi Wakil KSAD Letnan Jenderal Agus Subiyanto yang akan diberikan amanat untuk menjadi KSAD menggantikan Dudung Abdurachman.

“Saya prediksi Letjen Agus Subiyanto akan menjadi KSAD pengganti Jenderal Dudung Abdurachman. Usia Letjen Agus masih 56 tahun, sehingga usia pensiunnya jika tidak ada perpanjangan akan berakhir pada September 2025,” ujar Ginting, dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unas. rmol news logo article



Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA