Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Santri Punya Kapasitas Memimpin, Wakil Ketua MPR Dorong Pendidikan Politik di Pesantren

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 22 Oktober 2023, 19:30 WIB
Santri Punya Kapasitas Memimpin, Wakil Ketua MPR Dorong Pendidikan Politik di Pesantren
Wakil Ketua MPR RI, Jazilul Fawaid/Net
rmol news logo Santri tidak hanya mampu memimpin tahlil, tapi juga sebagai pemimpin politik, ekonomi, sosial dan lainnya. Sebab itu harus didorong berperan dalam berbagai bidang.

Wakil Ketua MPR RI, Jazilul Fawaid, berpendapat, santri memiliki modal yang cukup untuk menjadi pemimpin. Sejak di lingkungan pesantren, santri sudah digembleng hidup mandiri dan berkelompok.

Pernyataan itu disampaikan sosok yak akrab disapa Gus Jazil, saat menjadi pembicara dalam forum terkait Hari Santri Nasional (HSN) 2023, bertajuk "Promoting Peaceful Coexistence Through Santri Engagement", di Pondok Pesantren Modern Daarul Uluum Lido, Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/10).

"Santri punya saham untuk menjadi pemimpin di negeri ini. Semua santri bisa jadi pemimpin politik, ekonomi maupun pemimpin agama, karena pesantren memang dari dulu memproduksi pemimpin," ujarnya.

Dia juga mengatakan, selama ini eksistensi perjuangan santri masih kurang dihargai. Padahal peran santri dan pesantren luar biasa, sejak era pra kemerdekaan hingga saat ini.

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga mendorong agar para santri diajari politik sejak dini. Selama ini pendidikan politik di pesantren masih minim.

"Santri harus melek politik. Kalau di pesantren nggak belajar ilmu politik, maka politik akan ditempati orang lain. Jangan sampai alumni pesantren hanya dianggap bisa memimpin tahlil. Alumni pesantren bisa jadi apa saja," tandas alumni Ponpes Ihyaul Ulum Gresik itu.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA