Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kepala RSPAD Pastikan Semua Bacapres-Bacawapres Jalani Tes Bebas Narkoba

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 18 Oktober 2023, 17:11 WIB
Kepala RSPAD Pastikan Semua Bacapres-Bacawapres Jalani Tes Bebas Narkoba
Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Letjen TNI Albertus Budi Sulistya/RMOL
rmol news logo Pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden (bacapres-bacawapres), dipastikan akan meliputi tes bebas narkoba.

Hal tersebut disampaikan Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Letnan Jenderal TNI dr Albertus Budi Sulistya, saat menerima kunjungan pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, di Jakarta Pusat, Rabu (18/10).

"Pemeriksaan secara umum, dan pemeriksaan untuk kesehatan jasmani, rohani, dan pemeriksaan bebas dari narkoba," ujar Budi.

Dia menjelaskan, dalam pemeriksaan bacapres-bacawapres nanti akan dilibatkan beberapa dokter spesialis yang dibentuk menjadi tim pemeriksaan.

"Kita bentuk tim, termasuk dari kolegium-kolegium spesialis yang terkait dalam hal ini akan kita libatkan," sambungnya menegaskan.

Selain itu, Budi juga memastikan pemeriksaan kesehatan terhadap para bacapres-bacawapres memiliki indikator yang telah ditetapkan KPU RI.

Sehingga, lolos atau tidaknya para kandidat kontestan Pilpres 2024 ditentukan dari keterpenuhan indikator yang telah ditentukan.

Karena itu, Budi memastikan pihaknya akan menggunakan sejumlah peralatan yang dapat mendukung penilaian secara akurat dari indikator-indikator yang ditetapkan tersebut.

"Tools-nya ada beberapa, kaitannya juga melibatkan kolegium, dalam hal ini supaya betul-betul pemeriksaan ini profesional, independen, dan dipercaya," demikian Budi. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA