Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Deklarasi Poros Buruh untuk Perubahan Tetapkan 10 Setan Industri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 15 Oktober 2023, 02:41 WIB
Deklarasi Poros Buruh untuk Perubahan Tetapkan 10 Setan Industri
Deklarasi Poros Buruh untuk Perubahan/Ist
rmol news logo Para buruh yang tergabung dalam berbagai Konfederasi dan Federasi di tingkat nasional tak mengenal lelah untuk terus berjuang mencabut UU Cipta Kerja. Salah satu langkah perjuangan mereka adalah melakukan Deklarasi Bogor, Poros Buruh Untuk Perubahan, di Bogor, Jumat malam (13/10).

Hadir para pimpinan buruh nasional dari berbagai konfederasi dan federasi yang membidani deklarasi ini. Seperti Ketua Umum Serikat Pekerja Nasional (SPN) Djoko Heriyono, Ketua Umum SBSI’92 Sunarti, Ketua Umum FSP Pertanian dan Perkebunan (PP) SPSI Achmad Mundji, Ketua Umum FSP Logam Elektronik dan Mesin (LEM) SPSI Arif Minardi, Ketua Umum FSP Kimia Energi dan Pertambangan (KEP) SPSI Dedi Sudrajat.

Lalu Ketua Umum KSPSI Jumhur Hidayat, Ketua Umum KSPN Andi Baso Rukman, serta beberapa tokoh buruh lainnya seperti Anna Sumarna dan Syamsul Bahri masing-masing dari FSP Transport Indonesia (TI) SPSI Jawa Barat dan DKI Jakarta..

Adapun Deklarasi Bogor atau Deklarasi Poros Buruh Untuk Perubahan yang dibacakan Djoko Heryono itu berbunyi: “Kami  Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja –Serikat Buruh tingkat Nasional, dengan ini mendeklarasikan Poros Buruh untuk Perubahan sebagai langkah perjuangan politik kaum buruh Indonesia untuk memenangkan Anies Rasyid Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2024-2029. Ihktiar perjuangan politik ini kami abdikan untuk membebaskan Indonesia dari belenggu kebijakan yang menindas kaum buruh dan yang menghambat pembangunan Industrialisasi Nasional”.

Sebelum deklarasi, para eksponen buruh juga telah mendata berbagai gangguan bagi berkembangnya industri dan rendahnya kesejahteraan buruh yang kemudian dinyatakan sebagai 10 Setan Industri.

Yaitu Upah Murah, Hilangnya kepastian kerja (Kerja Kontrak, Outsourcing dan Pemagangan, PHK semakin dipermudah, Potongan uang pesangon besar-besaran, dan Serbuan Tenaga Kerja Asing China (RRC)

Kemudian Jaminan Sosial terbatas dan diskriminatif, Pungutan Liar dan KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme), Bunga Bank tinggi bagai rentenir, Penyelenggaraan pekerja migran yang memeras, dan Impor produk industri yang ugal-ugalan.

“Nah, sepuluh Setan Industri itulah yang harus dibabat habis bila Indonesia ingin serius membangun industrialisasi nasional yang tangguh sekaligus menjamin kesejahteraan yang layak bagi kaum buruhnya”, tegas Jumhur melalui keterangannya, Sabtu (14/10).

Jumhur menambahkan, deklarasi ini adalah sebagai tindak lanjut dari harapan para anggota yang ingin berjuang memenangkan Amin (Anies-Muhaimin) dalam Pilpres 2024, karena pasangan inilah yang jelas menyatakan ingin melakukan perubahan.

Sementara itu calon lainnya jelas akan membebek dan melanjutkan kebijakan rezim Joko Widodo yang telah menghancurkan harapan kaum buruh untuk hidup sejahtera.

“Bahkan, tingginya animo kaum buruh Indonesia pada perubahan, meyakini bahwa Amin akan menang satu putaran, sehingga hanya kecuranganlah yang bisa mengalahkan pasangan Amin,” pungkas Jumhur. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA