Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Hadapan Jokowi, Ganjar Tegaskan Urus Pangan Butuh Kehadiran Negara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 29 September 2023, 17:24 WIB
Di Hadapan Jokowi, Ganjar Tegaskan Urus Pangan Butuh Kehadiran Negara
Bacapres PDIP Ganjar Pranowo/Ist
rmol news logo Isu kedaulatan pangan yang diangkat dalam Rakernas IV PDIP disambut baik bakal capres Ganjar Pranowo.

Ganjar lantas menyinggung pesan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait sangat krusialnya persoalan kedaulatan pangan.

Hal itu disampaikan Megawati dalam sambutannya yang turut dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9).

“Saya sambil mencoba membayangkan apa yang kemudian dipikirkan Ibu Megawati. Kira-kira apa yang harus kita kerjakan. Maka pada Rakernas terdahulu, kita pun membahas persoalan rakyat, tema kemiskinan, stunting, pemerintahan yang bersih antikorupsi dan kita bangga sebagai kader PDIP bahwa partai kita sangat berpikir apa yang dibutuhkan rakyat, setiap Rakernas,” ucap Ganjar.

Menurut Ganjar, Rakernas IV PDIP ini sangat luar biasa. Bukan hanya jumlah pesertanya, tetapi pilihan tema yang sangat istimewa yakni “Kedaulatan Pangan untuk kesejahteraan rakyat”.

Selanjutnya dengan subtema yang sangat spesifik, yaitu “Pangan sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia bagi Dunia”.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu kemudian mencoba mencermati pidato Megawati yang menyoroti beberapa pokok pikiran demi mewujudkan kedaulatan pangan.
 
Satu di antaranya, kata Ganjar, memastikan keberpihakan negara terhadap nasib petani dan nelayan seperti pikiran Megawati.

"Poin yang sangat penting itulah buat kita yang di eksekutif, legislatif, kita coba mengawal agar itu bisa tereksekusi dengan baik, dengan target-target yang terukur. Adalah swasembada bahan pokok sehingga kita bisa memenuhi kebutuhan rakyat kita sendiri,” tegas Ganjar.

“Tentu saja itu tidak bisa menggelinding adanya begitu saja, karena butuh hadirnya negara untuk memastikan petani dan nelayan menjadi tuan rumah di negerinya sendiri untuk mengurus pangan," demikian Ganjar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA