Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Revolusi Mental, Anak Muda Dituntut Ikut Peduli Lingkungan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 22 September 2023, 16:57 WIB
Revolusi Mental, Anak Muda Dituntut Ikut Peduli Lingkungan
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy/Net
rmol news logo Pendakian gunung dan wisata alam di kawasan konservasi tercatat mengalami peningkatan setiap tahun. Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2022, jumlah pendaki mencapai 5,1 juta wisatawan domestik dan 189 ribu wisatawan mancanegara.

Namun tingginya jumlah pendakian ternyata turut memberi dampak negatif, yakni banyaknya sampah. Salah satunya di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tahun 2022 tercatat satu setengah ton lebih sampah diturunkan dari taman nasional tersebut.

Berangkat dari kondisi tersebut, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengimbau kepada masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran melestarikan lingkungan sekitar.

"Jangan lagi ada pendaki pergi meninggalkan sampah. Bawalah sampah turun dan tinggalkan kenangan berkesan di tempat yang indah ini," kata Muhadjir dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/9).

Sebagai destinasi wisata, pengembangan gunung harus dilakukan secara sinergi dalam satu kesatuan dan kerangka besar pembangunan berkelanjutan sebagaimana semangat revolusi mental.

"Generasi mudanya harus dibangun sedini mungkin, bahkan sejak dari kandungan, usia sekolah, hingga usia produktif," sambungnya.

Di sisi lain, pelibatan anak muda menjadi instrumen amplifikasi selama ini efektif untuk menyebarkan nilai-nilai kebaikan.

"Sehingga dampak yang kita lakukan hari ini dapat memberikan momentum yang kuat hingga bertahan di kemudian hari," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA