Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mewakili Indonesia, Menko Airlangga Turut Sepakati Visi G20 "One Future"

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 11 September 2023, 11:13 WIB
Mewakili Indonesia, Menko Airlangga Turut Sepakati Visi G20 "<i>One Future</i>"
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto bersama Perdana Menteri India, Narendra Modi/Ist
rmol news logo Visi dan ajakan kolektif untuk masa depan bersama yang lebih baik disepakati para anggota G20 usai menggelar KTT G20 di New Delhi, India.

Pada sesi III KTT, Presiden Joko Widodo didampingi dan selanjutnya diwakili oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto turut mendiskusikan tentang masa depan global bersama yang terangkum dalam tema ‘One Future’.

Perdana Menteri India, Narendra Modi menyampaikan bahwa KTT G20 New Delhi menyediakan jalur baru dalam pembangunan berpusat pada kemanusiaan dan inklusif. G20 diarahkan untuk bersifat inklusif, ambisius, tegas, dan berorientasi pada tindakan, di mana keprihatinan pembangunan di negara-negara selatan turut dapat disuarakan secara aktif.

Konsensus terhadap deklarasi pemimpin G20 New Delhi sebelumnya telah tercapai pada Sabtu (9/9).

Deklarasi tersebut terdiri atas 12 bagian dan 83 paragraf berisi komitmen anggota G20 pada permasalahan pertumbuhan global, pencapaian SDGs, ekonomi berkelanjutan, multilateralisme, transformasi teknologi dan infrastruktur digital, perpajakan internasional, kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, isu keuangan, kontra terorisme dan pencucian uang, serta upaya untuk menciptakan tatanan global yang lebih inklusif.

Dalam KTT G20 New Delhi, Indonesia mendukung prioritas Presidensi India dengan tetap mengedepankan inklusivitas melalui upaya menjaga relevansi G20 sebagai global premier economic forum dalam menjawab permasalahan global.

Di sisi lain, Indonesia juga memastikan komitmen KTT G20 Bali untuk diimplementasikan, khususnya di sektor Arsitektur Kesehatan Global, Transformasi Ekonomi Digital, dan Transisi Energi.

Indonesia memiliki peran strategis dalam G20. Indonesia dapat menjembatani kelompok negara maju dan kelompok negara berkembang untuk kepentingan nasional Indonesia dan kepentingan global yang lebih luas.

Indonesia juga merupakan pelantang suara the Global South dan berfungsi sebagai bandul penyeimbang antara kelompok negara maju, negara berkembang, dan kelompok LDCs.

Sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo pada hari pertama KTT G20 New Delhi, terdapat 3 kunci pembangunan dunia, yaitu stabilitas, solidaritas, dan kesetaraan. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA