Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bersama Anwar Ibrahim, Din Syamsuddin Sepakat Wawasan Islam Jalan Tengah Perlu Diarusutamakan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 06 September 2023, 07:55 WIB
Bersama Anwar Ibrahim, Din Syamsuddin Sepakat Wawasan Islam Jalan Tengah Perlu Diarusutamakan
Para tokoh Islam Indonesia menggelar pertemuan dengan Perdana Menteri Malaysia, Dato Seri Anwar Ibrahim di Jakarta/Net
rmol news logo Kerja sama antara umat Islam di Indonesia dan Malaysia diyakini dapat membawa berkah besar bagi kedua negara. Bukan tidak mungkin, ramalan mantan Mahaguru Studi Islam Universitas of Chicago, Fazlurrahman bahwa Asia Tenggara akan menjadi pusat kebangkitan Peradaban Islam masa depan bisa terwujud.

Begitu kata mantan Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Din Syamsuddin saat tokoh Islam Indonesia menggelar pertemuan dengan Perdana Menteri Malaysia, Dato Seri Anwar Ibrahim di Jakarta pada Senin (4/9). Topik utama pertemuan ini adalah pembahasan mengenai Wawasan Negara Madani yang digagas oleh Dato' Seri Anwar Ibrahim, serta urgensi kerja sama antara rakyat Malaysia dan Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Din Syamsuddin berharap agar Wawasan Madani Anwar Ibrahim dapat menjadi landasan yang kuat untuk memajukan kedua negara dan masyarakatnya.

“Para tokoh bersepakat bahwa untuk perwujudan cita-cita demikian perlu diarusutamakan Wawasan Islam Jalan Tengah (wasatiyyah),” ujar Din Syamsuddin dalam keterangan tertulisnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (6/9).

Din meyakini, jika umat Islam menjadi umat yang moderat, terbuka terhadap perbedaan, dan selalu bersedia bekerja sama dengan umat agama lain, maka bisa menciptakan kerukunan dan kemajuan bersama.

“Umat Islam harus menjadi umat tengahan (ummatan wasathan), yaitu umat yang terbuka dengan menjunjung tinggi kemajemukan, moderat dan toleran terhadap perbedaan, dan selalu bersedia hidup berdampingan secara damai serta bekerja sama dengan umat agama-agama lain untuk kemajuan bersama,” demikian Din Syamsuddin.

Pertemuan bersejarah itu juga menandai komitmen kuat kedua negara untuk meningkatkan kerja sama dan memajukan visi kebangkitan peradaban Islam di Asia Tenggara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA