Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pimpinan DPD RI Dukung Pertamax Green Asal Harganya Merakyat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Rabu, 06 September 2023, 07:46 WIB
Pimpinan DPD RI Dukung Pertamax Green Asal Harganya Merakyat
Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin/Net
rmol news logo Langkah PT Pertamina yang akan meluncurkan program Langit Biru II dengan mengkaji penggunaan BBM jenis Pertamax Green mendapat dukungan dari pimpinan DPD RI. Asalkan segala bentuk inovasi transisi energi itu harus dilakukan dengan memperhatikan efisiensi dan efektivitas.

Begitu tegas Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin menanggapi langkah Pertamina dalam mengkaji perubahan BBM RON 90 atau Pertalite menjadi RON 92 atau Pertamax Green 92. Caranya dengan mencampur etanol 7 persen atau E7 ke dalam Pertalite.

Sultan mencatat, Pertamina perlu memperhatikan efisiensi anggaran yang dibutuhkan dalam melakukan inovasi energi dan dampak sosial ekonomi terhadap masyarakat. Karena BBM dengan RON 92 belum bisa disebut sebagai BBM dengan emisi yang ramah lingkungan.

"Artinya, Pertamax Green belum sepenuhnya disebut BBM ramah lingkungan. lantas bagaimana dengan harga produksinya. Jangan sampai harganya justru melampaui harga Pertamax,” tegasnya kepada wartawan, Rabu (6/9).

Mantan aktivis KNPI itu menilai, inovasi transisi energi sangat penting untuk dikembangkan, asalkan agenda tersebut tidak mempengaruhi harga BBM secara signifikan.

"Asalkan harga Pertamax Green masih sama, atau setidaknya memiliki selisih yang kecil dengan harga Pertalite saat ini. Saya kira itu tidak masalah asalkan harganya masih merakyat atau ekonomis,” sambungnya.

Lebih lanjut, Sultan meminta agar pemerintah melalui kementerian terkait baik Kementerian ESDM hingga Kementerian Pertanian dan BRIN perlu dilibatkan dalam proses kajian Pertamax Green ini. Sehingga pemerintah dan DPR/DPD bisa memiliki insight yang cukup dalam menyusun kebijakan menindaklanjuti hasil kajian Pertamax Green. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA