Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Paham Konsep Trisakti dan Mampu Genjot Elektabilitas, Rizal Ramli Layak Dampingi Ganjar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Selasa, 29 Agustus 2023, 04:39 WIB
Paham Konsep Trisakti dan Mampu Genjot Elektabilitas, Rizal Ramli Layak Dampingi Ganjar
Ekonom senior, Rizal Ramli/Ist
rmol news logo Elektabilitas bakal capres PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo dinilai masih belum aman. Kendati unggul dari Anies Baswedan, namun dalam beberapa survei terakhir, Ganjar belum mampu mengungguli bakal capres Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Kubu koalisi hingga kini masih belum memutuskan siapa sosok yang akan mendampingi Gubernur Jawa Tengah tersebut. Sejumlah nama tengah digadang-gadang menjadi pendamping Ganjar, yang diharapkan juga mampu mendongkrak elektabilitasnya.

Sebagai kader PDIP yang mengusung platform Trisakti ala Bung Karno, Ganjar perlu pendamping yang paham dengan konsep ekonomi kerakyatan serta berdikari (kemandirian) ekonomi.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie. Dia menyebut nama Menko Ekonomi era Presiden Keempat RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Rizal Ramli dinilai layak mendampingi Ganjar.

"Untuk merubah mindset pemilih, PDIP harus keluar dari comfort zone atau zona nyaman. Cari figur yang bukan sekadar menjadi representasi partai, tapi juga publik. Misalnya seperti tokoh nasional Rizal Ramli, dia bukan tipikal pemimpin pencitraan,” kata Jerry kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin malam (28/8).

Pengamat politik jebolan American Global University ini menilai sosok yang akrab disapa RR itu memiliki kapabilitas dan rekam jejak yang baik, serta sesuai dengan platform PDIP.  

"Apabila RR disandingkan dengan Ganjar, maka bisa hanya satu putaran menang. RR menang dari segi konsep foreign policy, think out of the box, grand strategy, economic and development strategy. Dia bisa mengungguli Prabowo dan Anies. Saya kira konsep Trisakti Soekarno bakal secara substansi dan eksistensi diwujudkan," jelasnya.

Sebagai seorang aktivis, lanjut Jerry, RR begitu populer di kalangan kaum Marhaen atau wong cilik seperti kelompok buruh, pedagang kecil, petani dan nelayan.

"Apalagi belum lama ini, RR membela hak-hak kaum buruh, dirinya dipercayakan menjadi jubir puluhan organisasi buruh saat menggugat UU omnibus law di Mahkamah Konstitusi (MK)," ungkapnya.

Dia menambahkan, RR juga kental dengan nuansa nahdliyin, karena pernah menjadi orang kepercayaan Gus Dur dalam membenahi perekonomian nasional pasca krisis moneter tahun 1997-1998.

"Rizal Ramli memiliki potensi mendapat dukungan sangat luas dari NU kultural, bahkan ada yang ngasih nama Gus Ramli," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA