Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ada Mantan Kabareskrim Susno Duadji dan Keluarga Gubernur, Persaingan Bacaleg DPR RI Dapil Sumsel 2 Bakal Ketat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 22 Agustus 2023, 08:35 WIB
Ada Mantan Kabareskrim Susno Duadji dan Keluarga Gubernur, Persaingan Bacaleg DPR RI Dapil Sumsel 2 Bakal Ketat
Mantan Kabareskrim Susno Duadji maju caleg DPR RI Dapil Sumsel 2/ist
rmol news logo Daftar calon legislatif sementara 2024 DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sumsel 2 sudah diumumkan dalam Daftar Caleg Sementara (DCS) Pemilu 2024. Dari daftar tersebut memuat sejumlah nama beken. Di antaranya mantan Kabareskrim Polri, Susno Duadji.

Untuk DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumsel 2 sendiri meliputi Ogan Ilir (OI) , Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan, Prabumulih, Muara Enim, PALI, Lahat, Pagar Alam, dan Empat Lawan, masih relatif merata kekuatan parpol.

Meski petahana berpeluang kembali terpilih nanti, namun nama-nama seperti mantan Kapolda Sumsel Irjen (Purn) Zulkarnain Adinegara yang maju melalui Partai Perindo, hingga mantan Kabareskrim Polri Komjen (Purn) Susno Djuadi yang maju melalui PKB juga patut diperhitungkan.

Tak hanya itu, di Dapil Sumsel 2 ini juga terdapat adik Gubernur Herman Deru dari PKB, Bertus Melas, yang merupakan petahana dari PKB. Lalu wajah baru anak Herman Deru yaitu Samantha Tivani (Nasdem) dan adik Ipar Herman Deru yaitu Kolonel (Purn) Ruslan dari PDIP.

Di Pemilu Legislatif 2019 lalu, Partai Nasdem dan Golkar sama- sama meraih dua kursi dari Dapil Sumsel 2 yang memiliki kuota 9 kursi. Disusul PDIP, Gerindra, Demokrat, PKB, dan PAN. Namun dua petahana di Dapil tersebut yaitu Sri Kustina (istri Heri Amalindo) dari Nasdem dipastikan tidak lagi nyaleg dan Yulian Gunhar dari PDIP pindah ke Dapil Sumsel 1.

Anggota DPR RI petahana dari Partai Golkar, Bobby Rizaldi, mengaku pihaknya tetap optimistis, dan partainya jelas memiliki strategi untuk kembali juara di Sumsel. Ia pun menilai nama-nama yang keluar di DCS sudah melalui proses penjaringan, dan pastinya yang berada di nomor urut 1 sesuai aturan di Partai.

"Di Partai Golkar ada berbagai pembobotan yaitu prestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela, serta beberapa pertimbangan elektoral lainnya, sesuai dengan dinamika politik saat ini, " kata Bobby dikutip Kantor Berita RMOLSumsel, Senin (21/8). rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA