Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rehat di Padalarang, Longmarch Buruh Kembali Menuju Jakarta Pagi Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Kamis, 03 Agustus 2023, 08:41 WIB
Rehat di Padalarang, <i>Longmarch</i> Buruh Kembali Menuju Jakarta Pagi Ini
Aksi longmarch buruh Bandung-Jakarta sudah tiba di Padalarang/Ist
rmol news logo Aksi longmarch yang dilakukan sekelompok buruh dari Bandung menuju Jakarta telah sampai di titik pemberhentian pertama di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Buruh yang terdiri dari Partai, bersama KSPI, KSPSI AGN, KPBI, KSBSI, FSPMI, FSP TSK, FSP KEP, SPN, SPI, dan elemen kelas pekerja lainnya tiba di Kantor Exco Partai Buruh Kabupaten Bandung Barat Rabu malam (2/8) pukul 18.45 WIB.

Mereka tiba setelah menempuh 9 jam perjalanan dari Gedung Sate pada pukul 10.00 WIB dengan jarak sekitar 21 km.

"Alhamdulillah, teman-teman massa aksi tiba dengan selamat di Kota Padalarang, setelah berjalan penuh selama 9 jam perjalanan," ujar Ketua Exco Partai Buruh Kabupaten Bandung Barat, Budiman dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/8).

Selama perjalanan, massa aksi juga turut membagikan leaflet dan menjaring dukungan melalui sejuta tanda tangan petisi terkait lima isu. Pertama, cabut omnibus law UU Cipta Kerja. Kedua, meminta pemerintah menaikkan upah minimum 2024 sebesar 15 psrsen di seluruh Indonesia. Ketiga, cabut UU Kesehatan.

Keempat, cabut presidential threshold 20 persen menjadi nol persen. Kelima buruh juga menuntut diwujudkannya JS3H atau jaminan sosial semesta sepanjang hayat untuk seluruh rakyat Indonesia.

“Masyarakat antusias dengan longmarch ini. Di jalan yang dilalui, terutama ketika melewati pabrik atau kawasan industri, buruh-buruh berkumpul di pinggir jalan untuk memberikan dukungan,” lanjutnya.

Pagi hari ini, massa kembali bergerak ke Jakarta pukul 08.00 WIB dengan rute menyusuri jalanan melewati rel kereta Padalarang, Kamuning, Panglejar, Perempatan Plered, dan bermalam di Kantor KC FSPMI Purwakarta.

Direncanakan, longmarch jalan kaki ini akan tiba di depan Istana Merdeka dan Gedung Mahkamah Kontitusi pada Rabu (9/8) mendatang.rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA