Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

3 Calon Pj Gubernur Jabar Diusulkan ke Kemendagri, Salah Satunya Orang Dekat Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 03 Agustus 2023, 06:25 WIB
3 Calon Pj Gubernur Jabar Diusulkan ke Kemendagri, Salah Satunya Orang Dekat Jokowi
Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden, Bey Triadi Machmudin/Net
rmol news logo Tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur pengganti Ridwan Kamil resmi diputuskan DPRD Jawa Barat. Tiga nama yang telah ditetapkan itu akan segera diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Wakil Ketua DPRD Jabar, Achmad Ru'yat menyampaikan, ketiganya ditentukan berdasarkan keputusan yang diambil melalui rapat pimpinan. Satu di antara calon Pj Gubernur itu diketahui orang dekat Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Dari hasil usulan itu tadi, dengan berbagai pertimbangan terpilih tiga nama. Pertama Prof Asep N Mulyana, Prof Keri Lestari, dan Bey Triadi Machmudin. DPRD akan melayangkan surat dengan tiga nama ini," kata Achmad usai rapat pimpinan di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Rabu (2/8).

Menurutnya, keputusan tersebut hanya sebatas usulan pada Kemendagri. Pasalnya, penetapan Pj Gubernur Jabar ada di tangan Jokowi.

"Sesuai amanat bahwa dari DPRD menyampaikan tiga dan Kemendagri juga tiga, nanti kewenangan presiden menentukan," ujar Achmad, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Politikus PKS itu berharap, siapapun Pj Gubernur Jabar yang dipilih oleh Jokowi dapat tetap bekerja sesuai dengan fungsinya. Kemudian, bisa melanjutkan penyelenggaraan pemerintah secara proporsional, dan bersinergi dengan pemerintah pusat.

"Selain itu, bisa bertanggung jawab ke presiden, dan tentu sesuai arahan Kemendagri bahwa kita berharap sampai pilgub nanti Pj Gubernur bisa melaksanakan tugas sesuai UU," ucapnya.

Adapun Prof Asep N Mulyana merupakan Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan (Dirjen PP) di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Sebelumnya, dia merupakan mantan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar.

Sedangkan, Prof Keri Lestari adalah Gurubesar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Unpad. Kemudian, Bey Triadi Machmudin merupakan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA