Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prosesi Adat Mopotilolo Sambut Kedatangan Muhamad Mardiono di Gorontalo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 24 Juli 2023, 02:05 WIB
Prosesi Adat Mopotilolo Sambut Kedatangan Muhamad Mardiono di Gorontalo
Plt. Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono saat tiba di Rumah Dinas Bupati Gorontalo, di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, pada Minggu siang (23/7)/Ist
rmol news logo Prosesi adat Mopotilolo menyambut kedatangan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono saat tiba di Rumah Dinas Bupati Gorontalo, di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, pada Minggu siang (23/7).

Dikatakan Muhamad Mardiono, ada dua agenda dalam kunjungannya kali ini. Yakni, konsolidasi kepartaian sekaligus kerja kenegaraan sebagai Utusan Khusus Presiden (UKP) Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan.

“Saya akan berada di Gorontalo sampai besok, untuk konsolidasi internal PPP. Serta kedua untuk silaturahmi dan diskusi kondisi terkini di Gorontalo maupun nasional bersama bupati dan gubernur,” tutur Muhamad Mardiono,

Mardiono menyampaikan, kedatangannya disambut dengan prosesi adat itu bertujuan agar segala aktivitasnya dilindungi dan terhindar dari bahaya.

“Di sini ada upacara adat sebelum melakukan aktivitas agar dilindungi dan terhindar dari bahaya. Bahkan, sudah didoakan juga dengan ulama agar semua proses konsolidasi politik dan kenegaraan berjalan baik,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatajan, prosesi adat menyambut kedatangan Muhamad Mardiono merupakan bentuk apresiasi karena telah hadir di Gorontalo.

“Kami bangga dan apresiasi kepada Pak Ketum sekaligus sebagai utusan khusus presiden. Kami terima secara adat dan berdoa agar beliau selalu sehat menjalankan urusan partai maupun pemerintahan,” kata Nelson.

Adapun proses adat Mopotilolo merupakan tradisi adat masyarakat Gorontalo dalam menyambut tamu kehormatan.

Prosesi adat diawali dengan pengalungan kain khas Gorontalo dan penyambutan lainnya. Rangkaian prosesi adat juga dilanjutkan dengan suguhan minuman dan kue khas Gorontalo.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA