Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prof Imron Cotan Ungkap Tantangan Parpol Baru untuk Bersaing di Pemilu 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 22 Juli 2023, 12:21 WIB
Prof Imron Cotan Ungkap Tantangan Parpol Baru untuk Bersaing di Pemilu 2024
Pemerhati isu-isu global dan strategis, Prof Imron Cotan/Net
rmol news logo Ada banyak tantangan yang harus dilewati partai politik baru untuk bersaing dengan partai politik lama dalam mengarungi Pemilu 2024.

Pemerhati isu-isu global dan strategis, Prof Imron Cotan mengatakan, partai politik baru setidaknya harus memiliki gagasan kekinian yang ditawarkan kepada masyarakat.

Keberadaan milenial dan Gen Z juga tidak bisa diabaikan mengingat pada Pemilu 2024, jumlah pemilih kategori ini sekitar 50 persen dari 206 juta pemilih.

Pandangan Prof Imron, Gen Z dan milenial tidak memiliki pilihan dengan ideologi yang jelas, melainkan hanya terpaku pada media sosial dan gadget semata.

"Yang perlu dicatat, generasi milenial dan generasi Z terdeteksi tidak memiliki pilihan ideologi yang ‘fixed’, selain terpaku pada gadget,” kata Prof Imron dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (22/7).

Jika partai politik baru mampu menarik dukungan generasi muda, maka potensi untuk menyundul eksistensi partai politik lama akan lebih terbuka.

Yang tak kalah penting, keberadaan tokoh lokal berwawasan nasional dan global penting dimiliki partai politik baru sehingga bisa memecah dominasi elite politik yang bertumpuk hanya di kota-kota besar.

Senada dengan Prof Imron, Sekretaris Jenderal Partai Gelora, Mahfudz Siddiq menilai Pemilu Serentak 2024 cenderung akan menguntungkan parpol yang memiliki dan mengusung nama capres tertentu.

“Parpol yang punya capres lebih diuntungkan sebab dapat mendongkrak elektabilitas partainya, berbeda dengan parpol baru,” katanya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA