Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sowan Cak Imin, Prabowo Tidak Ingin PKB Loncat ke PDIP

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Senin, 10 Juli 2023, 05:51 WIB
Sowan Cak Imin, Prabowo Tidak Ingin PKB Loncat ke PDIP
Pengamat politik Citra Institute, Yusak Farchan/RMOL
rmol news logo Langkah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertandang ke kediaman Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merupakan upaya rekonsolidasi koalisi Gerindra-PKB. Kerjasama politik antarkedua partai dilakukan sejak Agustus tahun lalu.

Pengamat politik Citra Institute, Yusak Farchan menilai bahwa Prabowo dan Gerindra tidak ingin Cak Imin dan perahu PKB-nya tidak lpncat ke koalisi partai lainnnya. Imbasnya jika PKB loncat maka, Prabowo terancam tidak bisa mencalonkan presiden.

"Prabowo tentu berkepentingan agar PKB tidak loncat. Kalau PKB loncat, Prabowo terancam tidak bisa nyapres,"demikian analisa Yusak kepada Kantor Berita Politik RMO, Senin (10/7).

Bacaan Yusak, bagaimanapun PKB punya bargaining kuat karena menjadi parpol pertama yang berkoalisi dengan Gerindra. Apalagi, sejauh ini mesin politik PKB berjalan secara massif. Yusak meyakini, Gerindra tidak mau kehilangan PKB.

Terkait dengan rencana pertemuan Cak Imin dengan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, Yusak berpendapat banyak pihak yang perlu didukung.

"Prabowo bergerak cepat di tengah wacana pertemuan Cak Imin dengan Mega. Jangan sampai PKB lompat ke poros PDIP,"pungkasnya.


Data tambahan yang dicatat Yusak adalah dalam dua kali Pilpres terakhir, PKB punya succes story bersama PDIP mengantarkan Jokowi sebagai presiden.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA