Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pakar Hukum: Ganjar dan Prabowo Harusnya Mundur dari Jabatan Gubernur dan Menteri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 03 Juli 2023, 20:27 WIB
Pakar Hukum: Ganjar dan Prabowo Harusnya Mundur dari Jabatan Gubernur dan Menteri
Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo/Repro
rmol news logo Sikap tegas seharusnya ditunjukkan Ganjar Pranowo dengan meletakkan jabatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah setelah diusung sebagai bakal calon presiden (Bacapres) dari PDIP.

Menurut Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun, bacapres yang berstatus pejabat negara rentan dengan conflict of interest. Sebab kegiatan yang dilakukan akan menjadi bias demi kepentingan negara atau demi pencapresan.

"Saran saya biar tidak ada konflik kepentingan, Ganjar mundur saja sebagai Gubernur Jawa tengah," kata Refly dalam diskusi virtual yang dikutip redaksi, Senin (3/6).

Saran sama juga disampaikan Refly Harun untuk Prabowo Subianto yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia.

"Kalau mereka mau fair tidak menggunakan jabatan publiknya, mereka mundur saja. Dengan mundur, Ganjar mau ke mana itu terserah. Ya, tapi kalau bagi-bagi sembako jangan," kata Refly mengingatkan.

Mantan staf ahli Mahkamah Konstitusi ini menegaskan, bakal calon presiden harus memberikan contoh yang baik. Bacapres pun diminta tidak kebanyakan melakukan gimmick politik.

"Gimmick-gimmick itu sebenarnya menipu. Biasanya gimmick itu tidak menggambarkan realitas dia sebenarnya," pungkas Refly Harun.rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA