Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

HNW: Ukhuwah, Toleransi, dan Moderasi Penting Dijaga Jelang Tahun Politik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 30 Juni 2023, 01:34 WIB
HNW: Ukhuwah, Toleransi, dan Moderasi Penting Dijaga Jelang Tahun Politik
Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid (HNW)/Net
rmol news logo Umat Islam diajak untuk melanjutkan spirit Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah agar tercipta rasa persatuan dan kesatuan. Sehingga masyarakat bisa memasuki tahun politik dengan perasaan gembira dan bahagia.

"Kita sudah berkali-kali pemilu, seharusnya Pemilu di tahun 2024 semakin baik, ceria, gembira, jauh dari intimidasi dan manipulasi," ucap Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid (HNW), melalui keterangannya di Jakarta, Kamis (29/6).

Menurut dia, suasana panas yang kerap terjadi jelang pemilu dapat dikoreksi bila sikap toleran, sebagaimana menyikapi perbedaan Iduladha, dapat terus dipertahankan dan dikembangkan.

“Bangsa ini semakin memahami tentang ukhuwah, toleransi, moderasi, dan ini penting untuk terus dikembangkan apalagi sekarang sudah masuk tahun politik," kata HNW.

Dirinya mensyukuri perbedaan penetapan jatuhnya Hari Raya Iduladha 2023 ini disikapi secara toleran dan tidak menghadirkan konflik maupun gesekan di kalangan umat Islam.

“Alhamdulillah, perbedaan yang ada, apalagi hanya bersifat furu’ (cabang tidak merupakan masalah inti) bisa disikapi secara proporsional, toleran, dan tidak diperbesar, malah tidak terulang lagi kasus penyelenggaraan shalat Idulfitri sekalipun akhirnya dapat diatasi," paparnya.

Dia juga berharap jalinan ukhuwah, toleransi, dan hidup berdampingan bersama perlu dijaga sehingga suasana yang demikian membawa kegembiraan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain itu, HNW juga mengingatkan bahwa perayaan Hari Raya Idulfitri dan Iduladha disyariatkan oleh Rasulullah SAW agar memberikan pemahaman bahwa dalam beragama terkandung pula kegembiraan, manfaat, maslahat, serta jalan untuk mendekatkan hubungan antara manusia dengan pencipta maupun antarsesama.

Sehingga, tradisi yang terkait dengan keagamaan itu perlu dirawat, diteruskan, serta dikuatkan.

Bersamaan perayaan Iduladha yang bertepatan dengan pelaksanaan ibadah haji, dia pun berharap para jemaah yang tengah menunaikan ibadah di Tanah Suci bisa menjadi haji yang mabrur.

“Mabrur bagi dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara, sehingga doa mereka untuk kemaslahatan, diri, keluarga, umat, bangsa dan negara, juga dapat dikabulkan Allah SWT," demikian Hidayat Nur Wahid. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA