Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Atasi TPPO, Bakamla RI Tambah Kapal Patroli Tercepat di Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Senin, 26 Juni 2023, 21:23 WIB
Atasi TPPO, Bakamla RI Tambah Kapal Patroli Tercepat di Indonesia
Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia/Net
rmol news logo Badan Keamanan Laut RI (Bakamla) RI menambah satu unit Kapal High Speed Craft (HSC) untuk menjaga pesisir pantai di beberapa wilayah Indonesia.

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia mengatakan kapal HSC ini merupakan kapal keempat dimiliki Bakamla RI, dan sangat diandalkan dalam penegakan hukum khususnya di wilayah pesisir dan kepulauan.

Apalagi, saat ini tantangan maritim semakin kompleks terutama di wilayah kepulauan yang sering terjadi pelanggaran pelayaran, penyelundupan senjata, dan narkoba.

“Dan yang saat ini ditekankan pemerintah adalah Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO),” ungkap Aan Kurnia dalam keterangan tertulis, Senin (26/6).

Dari adanya penambahan jumlah kapal ini Aan Kurnia mengapresiasi keberhasilan dari PT Palindo Marine Shipyard dalam membangun HSC ini yang merupakan wujud kemampuan industri maritim dalam negeri terhadap keamanan maritim nasional.

“Saya berharap ke depan Bakamla dapat mengadakan HSC lebih banyak,” katanya.

Peresmian kapal HSC yang bernomor lambung HSC IV/32-04 dipimpin langsung oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia di Dermaga PT Palindo Marine Shipyard, Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Adapun spesifikasi kapal HSC tersebut memiliki panjang 14.30 meter, lebar 3.3 meter, bahan badan kapal alumunium, mesin 3 x 425 HP, kecepatan hingga mencapai 65 knots dan akomodasi 6 orang.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA