Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fahri Hamzah: Dewas Sudah Profesional Mengawasi Kerja KPK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 23 Juni 2023, 09:39 WIB
Fahri Hamzah: Dewas Sudah Profesional Mengawasi Kerja KPK
Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah/Net
rmol news logo Kinerja Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) dinilai sudah cukup profesional dalam melakukan pengawasan lembaga antirasuah.

Dewas yang lahir setelah revisi UU KPK itu semata-mata untuk membuat kerja pemberantasan korupsi lebih bertanggung jawab terhadap kesesuaian antara kerja penegakan hukum dan etika.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah terkait putusan Dewas yang menyebut tidak ada pelanggaran etik pimpinan KPK hingga temuan dugaan pungutan liar di Rutan KPK.

“Di masa lalu, kerja KPK nyaris tanpa pengawasan. Itulah yang menyebabkan terjadinya dugaan penyimpangan," kata Fahri Hamzah dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/6).

Sekarang ini, tidak hanya pengawasan melekat. Keberadaan Dewas memunculkan kewaspadaan dan ketelitian cara kerja pegawai KPK dan munculnya partisipasi publik untuk melaporkan jika terjadi penyimpangan.

“Termasuk ketika pimpinan KPK dan pegawainya berkali-kali dilaporkan kepada Dewas tentang berbagai pelanggaran hukum dan etika. Apa yang dituduhkan tersebut telah dibebaskan (karena tidak terbukti)," sambung mantan Wakil Ketua Komisi III DPR RI ini.

Oleh karenanya, Fahri Hamzah mendorong semua pihak mendukung kerja-kerja Dewas dan KPK. Tindakan sekelompok orang yang ingin menghancurkan reputasi KPK melalui penyerangan terhadap kredibilitas dan reputasi dewan pengawas pun berlebihan.

“Jadi, menurut saya kerja Dewas KPK profesional dan harus dipercaya," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA