Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Sistem Proporsional Tertutup, Jimly: Asal Memenuhi Syarat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 21 Juni 2023, 22:36 WIB
Dukung Sistem Proporsional Tertutup, Jimly: Asal Memenuhi Syarat
Anggota MPR RI dari unsur DPD RI, Prof Jimly Asshiddiqie/RMOL
rmol news logo Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan sistem Pemilu tertutup sudah final dan harus dihormati.

Menurut anggota MPR RI dari unsur DPD RI, Prof Jimly Asshiddiqie, wajar jika gugatan proporsional tertutup kemarin menghebohkan publik.

"Pertandingan sudah mau mulai. Pemain sudah masuk lapangan, tiba-tiba muncul aturan baru," kata Jimly saat menjadi narasumber dalam diskusi yang digelar Koordinatoriat Wartawan Parlemen, Gedung DPR RI, Rabu (21/6).

Mantan Ketua MK itu meyakini, munculnya ide untuk menjadikan sistem pemilu menjadi tertutup bukan tanpa sebab. Jimly menyebut usulan tersebut ada alasan-alasan logisnya.

Yang menjadi masalah dari usulan tersebut adalah karena disuarakan ketika tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan. Beda halnya jika usulan tersebut diajukan jauh-jauh hari sebelumnya.

Senator Jakarta itu menegaskan, kalau ingin pemilu menerapkan sistem proporsional tertutup ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Paling tidak proses demokrasi di internal partai sudah baik. Selain itu, keterbukaan partai, modernisasi partai, sudah jalan.

"Untuk jangka panjang menurut saya lebih tepat tertutup dengan syarat-syarat itu tadi. Kapan? Ya harus mulai dari sekarang dipikirkan," pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA