Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bawaslu Minta KPU Pastikan Data Pemilih Akurat Sebelum Penetapan DPT Pekan Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 17 Juni 2023, 13:31 WIB
Bawaslu Minta KPU Pastikan Data Pemilih Akurat Sebelum Penetapan DPT Pekan Depan
Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty/Net
rmol news logo Daftar pemilih Pemilu 2024, diharapkan bersifat akurat dan benar, sebelum ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada pekan depan.

Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty menjelaskan, KPU Kabupaten/Kota menjadwalkan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada 20 hingga 21 Juni 2023.

Namun sebelum menetapkan DPT, dia berharap KPU bisa melakukan verifikasi kembali data persyaratan pemilih yang telah dilakukan pencocokan dan penelitian (Coklit).

“Tentu yang kita (Bawaslu) inginkan itu daftar pemilihnya tidak bermasalah. Artinya, DPT-nya sudah benar, DPT sudah akurat,” ujar Lolly dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/6).

Menurutnya, akurasi data pemilih menjadi penting dipastikan penyelenggara pemilu. Karena, dalam pemilu ada tiga unsur yang berperan penting.

“Penyelenggara pemilunya harus berintegritas, peserta pemilunya harus taat aturan, pemilihnya harus akurat dan benar,” urai mantan anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta ini.

“Maka data yang ditampilkan harus benar, tidak ada satupun pemilih yang tidak punya hak, tetapi bisa memilih, atau sebaliknya,” demikian Lolly menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA