Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Putusan MK soal Sistem Pemilu Kemenangan Demokrasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 16 Juni 2023, 16:16 WIB
Putusan MK soal Sistem Pemilu Kemenangan Demokrasi
Jazuli Juwaini/Ist
rmol news logo Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengapresiasi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) menolak uji materi atas sistem Pemilu. MK memutuskan sistem pemilu legislatif tetap proporsional terbuka, dan menolak dalil pemohon untuk menerapkan sistem proporsional tertutup.

“Kami mengapresiasi dan menyambut gembira Putusan MK. Putusan itu sejalan dengan semangat demokrasi yang meneguhkan kedaulatan rakyat," tegas Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini, dalam keterangannya, Jumat (16/6).

Anggota Komisi I DPR itu menilai, putusan MK mempertahankan sistem Pemilu proporsional terbuka semakin mengokohkan konstitusi. Sistem itu tidak bertentangan dengan pasal-pasal pada UUD 1945.

"Sistem terbuka menjadi jalan tengah yang elegan, agar demokrasi berjalan baik untuk partai politik maupun rakyat,” tuturnya.

Sejak awal, kata Jazuli, fraksi PKS menginginkan agar sistem Pemilu tetap pada proporsional terbuka. Menurutnya, rakyat berhak dan bebas memilih calon wakilnya di parlemen.

“Calon juga dekat dengan pemilihnya, dengan demikian terjalin relasi konstituensi atau perwakilan yang kuat antara rakyat dengan wakilnya di lembaga legislatif," pungkas Jazuli.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA