Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bukan untuk Berkoalisi, Rencana Pertemuan PDIP-Demokrat Cuma Menguatkan Sentimen Politik 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 16 Juni 2023, 15:23 WIB
Bukan untuk Berkoalisi, Rencana Pertemuan PDIP-Demokrat Cuma Menguatkan Sentimen Politik 2024
Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, direncanakan melakukan pertemuan dengan Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono/Net
rmol news logo Rencana pertemuan elite PDI Perjuangan dan Partai Demokrat disinyalir bukan bertujuan untuk berkoalisi.

Sebab, menurut pengamat politik Citra Institute, Efriza, dua parpol yang berseberangan sejak Pemilu 2004 itu sulit untuk bersatu.

Terlebih, ia menerima informasi bahwa pertemuan dilakukan hanya antara Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Sepertinya koalisi ini (PDIP-Demokrat) tidak akan terbentuk sekarang ini. Kecuali jika SBY yang menemui Megawati Soekarnoputri,” ujar Efriza kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (16/6).

Lanjut Efriza, rencana pertemuan Puan dan AHY kemungkinan tetap terjadi, mengingat dua sekretaris jenderal parpol sudah bertemu.

“Hanya saja, pertemuan keduanya kemungkinan hanya untuk memperoleh dan menguatkan sentimen positif di masyarakat,” tuturnya.

Karena itu, Efriza menyimpulkan, kedua kubu yang berbeda barisan koalisi di Pilpres 2024 ini cuma berupaya meredam ketegangan politik jelang hari-H pemilu.

“Ini adalah angin segar bagi demokrasi di Indonesia, kekakuan berdemokrasi mulai memudar dengan semangat persatuan dan kesatuan untuk bangsa dan negara,” tutup Efriza. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA