Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Garap Pasar Nontradisional, Alasan Utama Mendag Zulhas Terbang ke Mesir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 14 Mei 2023, 08:12 WIB
Garap Pasar Nontradisional, Alasan Utama Mendag Zulhas Terbang ke Mesir
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan/Net
rmol news logo Pasar ekspor potensial di negara-negara nontradisional turut menjadi perhatian utama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Baginya, pasar seperti kawasan Afrika perlu untuk digarap secara intensif.

Atas alasan itu, pria yang akrab disapa Zulhas tersebut bertolak menuju Kairo, Mesir pada Sabtu (13/5). Kunjungan kerja dijadwalkan selama tiga hari, yaitu pada 14 hingga 16 Mei 2023.

"Pasar Afrika, seperti Mesir, merupakan salah satu pasar potensial nontradisional yang harus digarap intensif. Untuk itu, kami akan bertemu sejumlah pihak dan meningkatkan kerja sama perdagangan dengan pemangku kepentingan di Mesir," tegasnya kepada wartawan sebelum berangkat ke Kairo.

Di Kairo, Zulhas akan melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan dan Industri Mesir guna membahas kelanjutan kerjasama kedua negara. Kedua menteri diagendakan menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) Pembentukan Komite Perdagangan Bersama (Joint Trade Committee/JTC).

Selanjutnya, Mendag Zulhas juga akan bertemu pelaku usaha Mesir yang tergabung dalam Kamar Dagang Mesir (Federation of Egyptian Chambers of Commerce/FEDCOC) dan organisasi lainnya. Ketua Umum PAN itu juga dijadwalkan membuka kegiatan Forum Bisnis Indonesia-Mesir, yang akan mempertemukan para pelaku usaha kedua negara.

Sejumlah penandatanganan MoU antara pelaku usaha kedua negara juga akan disaksikan Zulhas. Mulai dari Penandatanganan MoU imbal dagang Indonesia-Mesir hingga penandatanganan MoM antara Kadin kedua negara.

Mendag Zulkifli Hasan juga telah dijadwalkan bertemu diaspora Indonesia di Mesir, sekaligus meresmikan ruang pameran promosi Indonesia di Kedutaan Besar RI di Kairo. Mendag Zulkifli Hasan juga akan melakukan kunjungan beberapa perusahaan di Mesir, yaitu pabrik Indomie dan ke salah satu importir kopi Indonesia, yaitu Pabrik Kopi Zahret El Bon El Brazili Co. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA