Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PPP Dukung Ganjar, Golkar Merapat ke KKIR, PAN Ikut Perintah Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 27 April 2023, 11:48 WIB
PPP Dukung Ganjar, Golkar Merapat ke KKIR, PAN Ikut Perintah Jokowi
Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, dan Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto/Ist
rmol news logo Usai Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendeklarasikan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pun berpeluang pecah.

Ada yang berpeluang gabung ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Ada juga yang dinilai akan merapat ke kubu PDI Perjuangan.

“Peluang terbesar, Golkar yang akan bergabung ke KKIR (Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya). Peluang itu akan diambil Golkar bila Prabowo Subianto menggaransi Airlangga menjadi cawapres,” kata pengamat politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (27/4).
 
Jadi, lanjut Jamiluddin, bola kini ada di tangan Prabowo. Apakah mantan Danjen Kopassus itu mau memberi jatah cawapres kepada Airlangga atau tidak.

Sementara PAN, ujar Jamiluddin, berpeluang berlabuh ke PDIP. Apalagi kalau Erick Thohir berhasil mereka ajukan ke PDIP sebagai cawapres bagi Ganjar.

“Selain itu, PAN ini partai yang sangat bergantung ke Presiden Jokowi. Kalau Jokowi meminta PAN ke PDIP, PAN tak akan punya keberanian untuk menolak,” ucapnya.

“Karena itu, ada kemungkinan dari KIB hanya Golkar yang akan bergabung ke KKIR, selama mendapat jatah cawapres,” demikian Jamiluddin. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA