Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Biaya Cek Kesehatan Dikeluhkan Caleg, KPUD Wonogiri Tegaskan Sudah Sesuai Aturan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 19 April 2023, 07:07 WIB
Biaya Cek Kesehatan Dikeluhkan Caleg, KPUD Wonogiri Tegaskan Sudah Sesuai Aturan
Rapat koordinasi persiapan tahapan pencalonan anggota DPRD Wonogiri pada Pemilu 2024 yang diselenggarakan KPU setempat di Gedung Saraswati, Selasa (18/4)/RMOLJateng
rmol news logo Cek kesehatan untuk melengkapi persyaratan pencalegan di RSUD Wonogiri, Jawa Tengah, dinilai terlalu mahal. Banyak caleg yang merasa keberatan dengan tarif yang dipatok Rp 595 ribu itu.

"Untuk kelengkapan administrasi lainnya, walau ada biaya namun masih wajar. Sedangkan untuk biaya cek kesehatan di RSUD Wonogiri mencapai Rp 595.000. Apakah tes kesehatan bisa dilakukan di rumah sakit swasta?" ujar Sriyadi, peserta rapat koordinasi persiapan tahapan pencalonan anggota DPRD Wonogiri pada Pemilu 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Gedung Saraswati, Selasa (18/4).

"Ini kan untuk persyaratan menjadi wakil rakyat mestinya pemerintah yang menanggung biaya tersebut," imbuhnya.

Terkait hal ini, Wahid dari KPU Wonogiri menjelaskan, kalau untuk Pilkada biaya cek kesehatan memang ditanggung pemerintah. Namun untuk Pileg, biaya kesehatan ditanggung masing-masing orang yang mendaftar sebagai caleg.

Selain itu, dalam aturan disebutkan bahwa cek kesehatan untuk melengkapi persyaratan caleg juga diwajibkan dilakukan di rumah sakit pemerintah.

Sedangkan Wakil Direktur RSUD Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, dr. Pitut Kristiyanta Nugraha menegaskan, tarif tersebut tidak bisa ditawar karena itu berdasar Peraturan Bupati (Perbup).

"Kalau kita tidak menjalankan Perbup kita yang salah," tegasnya di hadapan Komisioner KPU Wonogiri dan pimpinan Parpol. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA