Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bawaslu Harap Hoax dan Black Campaign Tak Marak di Masa Sosialisasi Pemilu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 17 April 2023, 14:25 WIB
Bawaslu Harap Hoax dan <i>Black Campaign</i> Tak Marak di Masa Sosialisasi Pemilu
Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja/Net
rmol news logo Penyebaran terhadap konten-konten berita bohong (hoax) dan black campaign, khususnya di masa sosialisasi peserta Pemilu Serentak 2024 sekarang ini, diharapkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tidak marak terjadi.

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja menyampaikan harapannya tersebut dalam diskusi bertajuk “Kolaborasi Lindungi Pemilu Dari Ancaman Disinformasi”, yang digelar virtual pada Senin (17/4).

“Sampai bulan November ini masih dalam proses sosialisasi. Kami harapkan tidak naik (kasus) hoax dan black campaign,” ujar Bagja.

Bagja mengklaim, tahapan sosialisasi Pemilu Serentak 2024 saat ini cukup berat bagi Bawaslu, karena masa pelaksanaannya yang panjang dan regulasi teknis yang tidak diperbaharui Komisi Pemilihan Umum.

“Sehingga tahapan ini (sosialisasi) sulit untuk dilakukan penindakan, kecuali kita sampaikan ke Kominfo, tapi ini masuknya ke UU ITE, karena tidak masuk masa kampanye,” urai Bagja.

Maka dari itu, anggota Bawaslu RI dua periode ini mengajak semua pihak untuk bisa bijak dalam menggunakan media sosial.

“Bawaslu sangat mengharapkan teman-teman (koalisi masyarakat sipil) melakukan literasi digital, meskipun tidak tercover banyak,” demikian Bagja menerangkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA