Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei SMRC: Walau Sempat Turun, Elektabilitas Ganjar Pranowo Kembali Menguat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 15 April 2023, 22:40 WIB
Survei SMRC: Walau Sempat Turun, Elektabilitas Ganjar Pranowo Kembali Menguat
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Net
rmol news logo Dukungan publik terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam pemilihan presiden (Pilpres) kembali menguat, setelah sempat mengalami kemerosotan usai dibatalkannya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Hal ini terungkap dalam survei terbaru yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada 11-14 April 2023.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani mengatakan, dalam simulasi top of mind, Ganjar Pranowo mendapatkan dukungan sebesar 16,5 persen.

"Elektabilitas Ganjar sangat dekat dengan perolehan suara (Ketua Umum Partai Gerindra) Prabowo Subianto yang mencapai 16,3 persen," ujar Deni dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/4).

Urutan selanjutnya ditempati oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (9,8 persen), Presiden Joko Widodo (9,2 persen), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (1,6 persen), dan nama-nama lain di bawah 1 persen.

"Namun, masih terdapat 42,2 persen responden yang belum menjawab," katanya.

Deni menjelaskan, terjadi peningkatan dukungan bagi Ganjar Pranowo dari 13 persen di minggu pertama April 2023 menjadi 16,5 persen di minggu kedua April 2023.

Sementara itu, Prabowo Subianto mengalami pelemahan dari 18,3 persen menjadi 16,3 persen di periode yang sama.

Adapun Dukungan untuk Anies Baswedan cenderung stagnan, dengan perolehan suara yang bergerak dari 10,7 persen menjadi 9,8 persen.

Populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon, sekitar 79 persen dari total populasi nasional. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD).

Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.216 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Margin of error survei diperkirakan ±2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi simple random sampling. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA