Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Jawa Timur, Elektabilitas Ganjar Unggul di Atas Prabowo dan Anies

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 14 April 2023, 20:47 WIB
Di Jawa Timur, Elektabilitas Ganjar Unggul di Atas Prabowo dan Anies
Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan/Net
rmol news logo Tiga nama calon presiden ptensial untuk maju di Pemilu 2024, bersaing untuk memperebutkan hati pemilih di Jawa Timur. Unggul dengan elektabilitas tertinggi ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
HUT 79 RI

Hal tersebut terekam dalam survei Indopol Survey and Consulting bertema “Dinamika Politik Jawa Timur Menjelang Pemilu 2024”, Jumat (14/4).

"Ganjar Pranowo unggul 30,3 persen, tertinggi di atas (Ketua Umum Partai Gerindra) Prabowo Subianto dan (mantan Gubernur DKI Jakarta) Anies Baswedan," uja Direktur Eksekutif Indopol Survey and Consulting Ratno Sulistiyanto dalam keterangan tertulis.

Keunggulan Ganjar itu dalam simulasi semi terbuka pada 13 nama tokoh. Adapun Prabowo mendapat elektabilitas 16,5 persen dan Anies di angka 12,1 persen.

Lanjut dipaparkan Ratno, di bawah tiga nama itu ada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (4,9 persen), Menteri BUMN Erick Thohir (3,4 persen), dan Menko Polhukam Mahfud MD (3 persen).

Dengan elektabilitas di bawah 3 persen, ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno, Ketua Umum Partai Dmeokrat Agus Jarimurti Yudhoyono, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Selanjutnya, Ketua DPR RI Puan Maharani, mantan Panglima TNI Andika Perkasa, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Sementara ada 0,5 persen pada pilihan lainnya, dan responden menjawab tidak tau atau tidak jawab 21,6 persen," pungkasnya.

Survei ini dilakukan dengan metode penarikan responden multistage random sampling. Jumlah responden sebesar 1.040 yang tersebar di 38 Kota/kabupaten di Jawa Timur.

Survei itu menetapkan margin of error ± 3,1 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA