Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bila Koalisi Besar Melibatkan PDIP, Prabowo Lebih Pantas Ketimbang Puan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 09 April 2023, 11:06 WIB
Bila Koalisi Besar Melibatkan PDIP, Prabowo Lebih Pantas Ketimbang Puan
Direktur Lembaga Riset Lanskap Politik Indonesia, Andi Yusran/RMOL
rmol news logo Koalisi besar yang belakangan diwacanakan bisa saja terwujud, termasuk melibatkan PDI Perjuangan (PDIP), asal tidak memaksakan Puan sebagai Capres atau Cawapres.

Pernyataan itu disampaikan Direktur Lembaga Riset Lanskap Politik Indonesia, Andi Yusran, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (9/4).

"Karena kedua posisi itu (Capres dan Cawapres) lebih mungkin diisi Prabowo sebagai Capres dan Erick Thohir sebagai calon wakil presiden," kata Andi.

Analis Politik Universitas Nasional itu juga menambahkan, kombinasi itu (Prabowo-Erick) mengakomodasi dua kepentingan king maker koalisi besar, Prabowo Subianto dan Joko Widodo.

"Jika PDIP keberatan karena tak dapat jatah, sebaiknya PDIP mengajukan calon sendiri, bisa saja Puan berpasangan dengan Yusril atau Ganjar dengan Yusril," sambung Andi Yusran.

Jika wacana itu terwujud, maka koalisi besar terdiri dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang berisi PAN, Golkar, dan PPP, serta Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) yang terdiri dari PKB dan Gerindra.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA