Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soliditas Koalisi Perubahan dan KIR Diuji Lewat Cawapres

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 08 Maret 2023, 12:17 WIB
Soliditas Koalisi Perubahan dan KIR Diuji Lewat Cawapres
Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno/Ist
rmol news logo Kemesraan Koalisi Perubahan yang digawangi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nasdem, dan Demokrat, tak perlu diragukan. Terlebih ketiganya telah mengumumkan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (Bacapres) 2024.

Begitu juga dengan Gerindra dan PKB yang tergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).

Tapi, menurut Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno, soliditas dua koalisi itu bisa saja terhenti karena urusan calon wakil presiden (Cawapres).

"Kalau Cawapres Anies bukan AHY (Agus Harimurti Yudhoyono), apakah Demokrat masih bertahan di koalisi perubahan? Nah, pertanyaan itu sampai sekarang belum terjawab," katanya, saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (8/3).

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah itu juga melihat, rasa-rasanya Demokrat memasang harga mati bagi AHY untuk mendampingi Anies.

"Begitu juga dengan Gerindra dan PKB, meski terlihat solid, tapi siapa yang bisa menjamin kalau Cak Imin tidak dipilih Prabowo sebagai pendamping, akan tetap dengan Gerindra? Enggak ada jaminan itu," tegas Adi.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA