Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cagub Jateng yang Ingin Diusung PDIP Harus Miliki 3 Kriteria Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 22 Februari 2023, 16:31 WIB
Cagub Jateng yang Ingin Diusung PDIP Harus Miliki 3 Kriteria Ini
Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng, Bambang Wuryanto/Net
rmol news logo Calon Gubernur Jawa Tengah yang diusung PDI Perjuangan pada Pilkada 2024 harus memiliki pengalaman kepemimpinan dan 3 karakter penting. Yakni ngayomi, ngayemi, dan ngayani.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng, Bambang Wuryanto mengharapkan, cagub yang diusung nanti memiliki visi misi sejalan dengan partai dan gagasan Bung Karno.

“Kriteria pertama adalah memiliki karakter kuat, yakni memahami ideologi PDI Perjuangan dan mampu menerjemahkan gagasan Bung Karno,” kata dia, dalam keterangannya yang diterima Kantor Berita RMOLJateng, Rabu (22/2).

Dia melanjutkan, salah satu pemikiran Bung Karno adalah menambah tenaga kaum Marhaen. Dalam artian, memberikan kekuatan kepada kaum Marhaen atau masyarakat miskin melalui program-program pengentasan kemiskinan.

Program pengentasan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat ini, menjadi salah satu hal yang ditekankan oleh PDIP. Sebagaimana pesan Soekarno sebagai Presiden pertama RI.

Seperti yang dia sampaikan saat ziarah di Makam Bung Karno, di hadapan para bupati/walikota di Jateng, bahwa tugas kader PDIP di eksekutif dan legislatif adalah mengentaskan kemiskinan.

"Tugas kita menambah tenaga kaum Marhaen, artinya harus berempati pada orang yang tidak punya. Jika engkau mampu, perhatikan kemiskinan. Itu kalau bupati/walikota yang merupakan anak didik Bung Karno," kata dia.

Kemudian, kriteria kedua adalah kompetensi. Calon gubernur dari PDIP harus memiliki pengalaman leadership, kepemimpinan yang ngayomi (memberi rasa aman), ngayemi (memberi rasa nyaman), dan ngayani (memberi penguatan).

“Pemimpin tidak boleh hanya mendahulukan diri sendiri, namun harus mengutamakan masyarakatnya,” tegasnya.

Kompetensi itu bisa dilihat dari track record atau program-program yang dilakukan untuk menerjemahkan ideologi partai sebagaimana kriteria pertama.

Kriteria ketiga adalah kecerdasan. Menurutnya, cagub perlu memiliki kemampuan memecahkan masalah serta punya sense of crisis.

Hal ini bisa dilihat dari lingkungan dia bergaul, termasuk track record atau capaian yang telah dilakukannya. Hal ini dinilai penting, karena Jawa Tengah menjadi salah satu barometer di Indonesia, baik itu dalam hal politik, sosial, hingga ekonomi.

Meski demikian, Bambang Wuryanto yang menjabat sebagai Ketua Komisi III DPR RI ini tak mengatakan siapa sosok yang berpotensi diusung menjadi calon Gubernur Jateng pada Pemilu 2024.  rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA