Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mencuat Nama Ridho Ficardo saat Isu Reshuffle Muncul, Pengamat: Semua Mantan Gubernur Berpotensi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Senin, 02 Januari 2023, 21:59 WIB
Mencuat Nama Ridho Ficardo saat Isu Reshuffle Muncul, Pengamat: Semua Mantan Gubernur Berpotensi
Mantan Gubernur Lampung Ridho Ficardo/Net
rmol news logo Mencuatnya wacana perombakan kabinet (reshuffle) beberapa hari ini memunculkan beberapa nama yang dianggap layak menjadi menteri pengganti di Kabinet Indonesia Maju. Beberapa nama yang sudah muncul diantaranya TGB Muhammad Zainul Majid. Terbaru, nama mantan Gubernur Lampung Ridho Ficardo.

Sosiolog Universitas Islam Negeri Jakarta, Saifudin Asrori mengatakan bahwa mantan gubernur merupakan sosok yang bisa dipertimbangkan untuk menjadi menteri. Kata Saifudin, pengalaman memimpin provinsi yang mempunyai wilayah luas, penduduk banyak dan masalah kompleks merupakan modal penting yang bisa dimanfaatkan saat ditunjuk menjadi Menteri.

“Semua gubernur, terutama mereka yang saat memimpin mempunyai prestasi dan tidak meninggalkan masalah saat selesai menjabat bisa dipertimbangkan untuk menduduki jabatan menteri oleh presiden Jokowi,” jelas Saifudin Asrori, Senin (2/1).

Menurut pria yang karib disapa Iput ini, secara personal dia tidak mengenal mantan Gubernur Lampung. Namun demikian, Iput juga menilai bahwa selama ini tidak mendengar nilai negatif pada Ridho saat menjadi gubernur yang bisa menghambatnya menjadi menteri.

Analisa Iput, Presiden Jokowi tentu pernah bekerja sama dengan banyak gubernur dan mantan gubernur, termasuk dengan Ridho. Sebab, Ridho menjabat gubernur periode 2014-2019 dan saat itu Jokowi  telah menjabat sebagai presiden.

Dalam pandangan Iput, meski pernah menjadi Ketua Demokrat Lampung, Ridho sudah lama mengundurkan diri sebagai kader partai berlambang Mercy tersebut. Sehingga Jokowi tidak akan mempunyai beban jika mengangkat Ridho.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA