Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tingkatkan Kemampuan Tempur, Kopaska TNI AL Gelar Latsus 2024 di Perairan Selat Sunda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Selasa, 05 Maret 2024, 22:59 WIB
Tingkatkan Kemampuan Tempur, Kopaska TNI AL Gelar Latsus 2024 di Perairan Selat Sunda
Danpuskopaska TNI AL Laksamana Pertama Baroyo Eko Basuki saat latihan khusus Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut (TNI AL) di Pulau Sangiang dan Perairan Selat Sunda, Banten./Ist
rmol news logo Pusat Komando Pasukan Katak (Puskopaska) TNI Angkatan Laut (TNI AL) menggelar Latihan Pasukan Khusus Kopaska tahun 2024.

Latihan yang dipimpin langsung oleh Danpuskopaska TNI AL Laksamana Pertama Baroyo Eko Basuki dilaksanakan di Pulau Sangiang dan Perairan Selat Sunda, Banten mulai tanggal 26 Februari 2024 sampai dengan 10 Maret 2024.

Dalam latihan ini, seluruh kekuatan Kopaska mulai dari prajurit Satuan Kopaska Armada I Jakarta, Satuan Kopaska Armada II Surabaya dan Satuan Kopaska Armada III Sorong diterjunkan.

Tak hanya prajurit, TNI AL juga mengerahkan beberapa alat utama sistem persenjatan TNI (alutsista) seperti Pesud Cassa CN 212 Aviocar U-6208 dan Heli Panther HS-1309 dari Pusat Penerbangan TNI AL yang diterbangkan dari Pangkalan Udara TNI AL Jakarta.

Selain itu juga terdapat tiga unsur laut yang didukung dari Lanal Banten meliputi Kal Combat Boat Pulau Sangiang, Patkamla RBB Peucang dan Patkamla RHIB Pulau Deli sebagai unsur deploy Pasukan dan sejumlah Perahu Karet sebagai unsur SAR laut penerjunan.

Di latihan ini juga disampaikan beberapa materi antara lain Infiltrasi Bawah Permukaan Air dengan Combat Diver, Infiltrasi Lintas Permukaan dengan Kraka Jetboard, Infiltrasi Lintas Udara dengan Terjun Freefall, Heli Combat Medic Evacuation, dan Taktik Satuan Kecil.

Disela-sela latihan, Laksma Baroyo menyampaikan kepada seluruh prajurit sebagai Pasukan Peperangan Laut Khusus diharapkan mampu membawa efek yang strategis bagi kedaulatan NKRI.rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA