Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Faktor Penyebab Konflik, Polri: Salah Satunya Karena Ekonomi Belum Merata

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 15 November 2018, 15:24 WIB
Faktor Penyebab Konflik, Polri: Salah Satunya Karena Ekonomi Belum Merata
Kasatgas Nusantara/RMOL
rmol news logo Kepolisian Republik Indonesia telah memetakan beberapa potensi internal yang sebabkan perpecahan atau konflik, salah satu penyebabnya adalah belum terwujudnya pemerataan ekonomi.

“Hal itu nampak dari masih besarnya kelas bawah,” kata Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Nusantara Irjen Pol Gatot Eddy Pramono saat mewakili Kapolri dalam seminar nasional yang digelar MUI bertajuk "Peran Tokoh Lintas Agama di Tahun Politik" di Peninsula, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (15/11).

Untuk itu, sambung Gatot, idealnya sebagai bangsa yakni meningkatnya masyarakat kelas menengah. Dengan begitu, masyarakatnya berpikir secara rasional bukan emosional sehingga tidak mudah dipecah belah dengan berita-berita bohong alias hoax atau pun yang menyangkut SARA.

Kemudian, Gatot menambahkan, selain faktor internal, ada faktor eksternal yang dapat memicu perpecahan, ialah politik internasional di mana menganut paham siapa yang kuat dialah pemenang untuk kemudian mempengaruhi negara lainya.

Namun menurut Gatot, sebagai anak bangsa patut berbangga lantaran Indonesia merupakan negara yang majemuk.

“Harus disyukuri karena negara Indonesia merupakan negara yang toleran dan saling menghormati, keberagaman antar umat beragama hingga sekarang mampu merawat kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa,” demikian Gatot. [jto]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA