Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KSAU: Prioritas Saya Mempercepat Pengadaan Alutsista

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 18 Januari 2018, 04:40 WIB
KSAU: Prioritas Saya Mempercepat Pengadaan Alutsista
Foto/Puspen TNI
rmol news logo Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna bakal melanjutkan program kerja yang telah dirancang Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat menjabat sebagai KSAU.

Salah satunya yakni mempercepat pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI AU.

Menurut Yuyu, pengadaan Alutsista menjadi prioritas utama. Sebelumnya program ini sempat tertunda setelah Hadi ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Panglima TNI.

"Harapan saya, dalam tiga bulan ini pengadaan alutsista yang tertunda akan saya selesaikan, sebagai contoh Sukhoi SU-35. Saya harap bulan ini bisa tanda tangan kontrak sudah di Kementerian Pertahanan,"  ungkap Yuyu seusai acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/1).

Lebih lanjut Yuyu menjelaskan 11 pesawat tempur Sukhoi SU-35 yang akan didatangkan bakal ditempatkan di Skuadron 14 Lanud Iswahjudi, Magetan untuk menggantikan pesawat tempur jenis F5 yang sudah pensiun.

Menurutnya percepatan pengadaan pesawat tempur buatan Rusia itu akan memperkuat TNI AU dalam melaksanaan tugas.

"Nanti juga ada pengadaan lima radar GCI (Ground Control Intercept) yang tertunda, dua radar pasif, kemudian pesawat tanpa awak ada beberapa. Itu yang akan kami lakukan untuk menambah kekuatan angkatan udara," terang Yuyu.

Di samping itu, Yuyu mengaku dirinya akan berupaya agar postur kekuatan TNI pada 2025 dapat tercapai.

Mengenai kesejahteraan prajurit, Yuyu mengaku akan menjalanka instruksi Panglima TNI mengenai pengadaan rumah bagi prajurit.

"Kalau yang lain masalah tunjangan ataupun gaji, saya akan berusaha, kita audit BPK wajar tanpa pengecualian. Kita harapkan tunjangan atau remunerasi akan naik, artinya akan menambah kesejahteraan. Hanya itu yang bisa saya lakukan," jelas Yuyu.

Pada hari ini, Yuyu juga langsung mendapat kenaikan pangkat setelah dilantik, menjadi Marsekal berdasarkan Keppres Nomor 3/TNI/2018. Sebelum menjadi KSAU, dia menjabat Wakil KSAU. Yuyu juga pernah menjabat sebagai Danlanud Iswahyudi hingga Pangkohanudnas. [nes]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA