Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sekjen API: Tupoksi TNI Bukan di Sektor Pangan!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 25 Januari 2017, 20:55 WIB
Sekjen API: Tupoksi TNI Bukan di Sektor Pangan<i>!</i>
Ilustrasi/Net
RMOL. Rencana pembentukan Sentra Pelayanan Petani Padi Terpadu (SP3T) oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dinilai bermuatan politis.

Sekretaris Jenderal Aliansi Petani Indonesia (Sekjen API), Muhammad Nuruddin menjelaskan, TNI memiliki tugas yang lebih penting ketimbang mengurus petani.

"Dari segi politiknya itu kurang bagus, kan tidak dalam tupoksinya TNI untuk terlibat di pangan," tegas dia di Jakarta, Rabu (25/1).

Oleh karena itu, Nuruddin merasa aneh dengan pola pikir Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang melibatkan militer dalam urusan pangan.

"Dari segi politiknya dia (Mentan) tidak mau direshuffle saja dengan meningkatkan swasembada pangan," jelasnya sembari mengatakan Mentan hanya perlu menambah tenaga kerja di kementerian yang dipimpinnya jika merasa pekerjaannya saat ini perlu tambahan orang.

Pengamat Militer, Anak Agung Banyu Perwita juga berpendapat senada. Dia juga menyesalkan pembentukan SP3T itu oleh Panglima Gatot.

"Sebetulnya sih tidak perlu, seharusnya ini memang job desk Kementan. Tapi ini yang mungkin dikategorikan sebagai non military operations," jelasnya.

"TNI seharusnya hanya menjadi supporting unit saja," sambungnya sembari mengaku pihaknya belum melihat motif lain dari Gatot. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.