Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hercules Sempat Terlihat Semenit Sebelum Jatuh, Ini Kronologi Lengkapnya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 18 Desember 2016, 11:27 WIB
Hercules Sempat Terlihat Semenit Sebelum Jatuh, Ini Kronologi Lengkapnya
Hadiyan Sumintaatmadja/Net
rmol news logo Pesawat TNI AU Hercules dengan nomor registrasi A-1334 jatuh di sekitar Bandara Wamena di Papua, pada Minggu (18/12) pagi.

Wakil Kepala Staf Angkatan Udara Marsda TNI Hadiyan Sumintaatmadja menjabarkan kronologi jatuhnya pesawat tersebut. Menurutnya, pesawat yang sedang dalam misi latihan itu take off dari pangkalan udara Timika ke Wamena pada pukul 05.35 WIT.

"Diharapkan pesawat mendarat di Wamena pada pukul 06.13 WIT, namun gagal karena mengalami kecelakaan," ujarnya dalam jumpa pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, sesaat lalu.

Pada pukul 06.02 WIT, pesawat melakukan komunikasi dengan tower Wamena untuk melaksanakan pendaratan di ujung landasan pacu 15.

"Jadi kalau di Wamena itu koordinatnya 15 dan 33. Karena diujung runway 15 kurang baik, kemudian diputuskan pendaratan di runway 33," sambung Hadiyan.

Pada pukul 06.08 WIT, tower di Wamena mengaku sempat melihat pesawat Hercules secara visual. Namun sayangnya, semenit berselang panggilan tower tidak direspon oleh pesawat,

"Pada 06.09 WIT, tower memanggil-manggil tapi tidak ada jawaban dan diketahui pesawat mengalami kecelakaan di sebelum ujung landasan 33," tutupnya.

Untuk diketahui, seluruh penumpang pesawat yang berjumlah 13 orang ditemukan dalam keadaan tewas. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA