Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cegah Bullying, Kader Demokrat Minta Disdik DKI Proaktif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Selasa, 01 Oktober 2024, 01:03 WIB
Cegah Bullying, Kader Demokrat Minta Disdik DKI Proaktif
Anggota DPRD DKI Jakarta Nur Afni Sajim/Ist
rmol news logo Dinas Pendidikan (Disdik) bersama Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta didorong makin proaktif dalam mengantisipasi kemunculan potensi aksi perundungan atau bullying di sekolah.

Demikian disampaikan Anggota DPRD DKI Jakarta Nur Afni Sajim saat berbincang dengan Kantor Berita Ekonomi dan Politik RMOL, Selasa (1/10).

"Upaya pencegahan dan menuntaskan aksi perundungan di sekolah sangat diperlukan. Sosialisasi harus digencarkan, tapi jangan sebatas spanduk-spanduk," kata Nur Afni. 

Kader Demokrat ini mengaku banyak menerima pengaduan soal perilaku bullying di lingkungan sekolah saat blusukan ke daerah pemilihannya.

"Kasus bullying juga terjadi di sekolah-sekolah swasta yang elite. Bahkan merambah di usia SD, seperti kelas 4 hingga kelas 6," kata Nur Afni.

Nur Afni menegaskan bahwa bullying bukan persoalan kecil yang dapat diabaikan, karena berpotensi merusak mental dan psikis siswa yang menjadi korban.

"Padahal sekolah harus memberikan kenyamanan dan keamanan. Jadi bakat-bakat siswa bisa keluar," kata Nur Afni.

Nur Afni juga mendorong Disdik DKI Jakarta agar memberikan sanksi kepada guru dan kepala sekolah yang melakukan pembiaran terhadap bullying di lingkungan sekolah.

"Kalau terjadi di sekolah swasta, turunkan akreditasi sekolahnya," kata Nur Afni.

Nur Afni menambahkan, sekolah juga wajib memberikan pendidikan moral yang diyakini dapat membentuk kepribadian serta dapat mengedepankan adab dan etika dalam berperilaku di lingkungan sekolah.

"Tugas sekolah adalah mencerdaskan anak bangsa," demikian Nur Afni. rmol news logo article




Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA